REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

BKMT Pemali Gelar Lomba Memandikan Jenazah

Lomba Memandikan Jenazah Lomba Memandikan Jenazah
22 Januari
22:53 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Badan Koordinasi Majelis Taklim Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka menggelar perlombaan Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah di Masjid Besar Assa’adah Kecamatan Pemali minggu pagi (22/1/17).

Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah di Kecamatan Pemali yang baru pertama kali di laksanakan ini di ikuti sebanyak kurang lebih 20 kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri sebanyak 3 orang.

Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Pemali Hj. Mardiyana kepada wartwan mengatakan, kegiatan perlombaan Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah ini dilakukan untuk melatih keterampilan anggota Majelis Taklim yang ada di kecamatan pemali.

“ Tujuan dari Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah ini agar ibu-ibu Majelis Taqlim ini agar aktif untuk mengurus Jenzah di masyarakat, karena banyak ibu-ibu yang tergabung dalam Majelis Taqlim itu tidak bisa bagaiman menyobekkan kain Kafan, jadi dengan adanya kegiatan ini ibu-ibu sudah terampil dan sudah bisa berguna di masyarakat,” Ungkap Hj. Mardiyana kepada wartwan Minggu (22/1/17).

Hj. Mardiyana juga mengharapkan, dengan kegiatan perlombaan Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah ini dapat menambah ilmu dan keterampilan anggota Majelis Taklim agar dapat melakukannya dengan baik dan benar serta sesuai aturan.

“ Saya melihat memang kebanyak ibu-ibu itu dimana saat menyobekkan Kain Kafan itu tanpa Do’a, tapi dengan adanya perlombaan ini, disitu ada Do’anya dan bagaimana ibu-ibu itu cara memandikan Jenazah dengan air sembilan dengan baik dan benar,” Harapnya.

Sementara itu Hj. Mina Tarmizi H Saat selaku penasehat Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Pemali yang juga berkesempatan hadir kepada wartwan mengharapkan, sebelum melakukan perlombaan, para Majelis Taklim ini sebelumnya sudah melakukan pelatiah dalam Memandikan dan Mengafankan Jenazah ini.

“ untuk hari ini saya sangat berbangga kepada BKMT Kecamatan Pemali, karena mereka sudah melewati pelatihan, dan pelatihan itu di perlombakan, jadi kedepan kalau ada pelatihan harus di perlombakan jadi untuk menimbulkan semangat mereka,” Kata Hj. Mina.

Hj. Mina juga mengatakan, dengan kegiatan perlombaan Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah ini dapat membantu masyarakat umat islam,” harapan saya majelis taklim yang ada di kabupaten bangka ini penuh dengan kegiatan-kegiatan yang di fokuskan untuk membantu, targetnya di masyarakat terutama kegiatan-kegiatan wajib yang harus di laksanakan oleh kita sebagai umat islam,” Katanya.

Hj. Mina juga mengharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat meningkatkan keterampilan para Majelis Taklim dalam memandikan dan mengafankan jenazah,” Saya harap kepada ibu-ibu agar melaksanakan kegiatan ini harus dengan serius, jadi kalau pelatihan tidak ada lomba takutnya mereka tidak serius, dan di khawatirkan dilapangan nanti pelaksanaaan nya tidak betul atau salah, dan selain pelatihan di rumah juga harus di latih,” harapnya.

Dari pantauan dilapangan tampak perlombaan Fardu Kifayah atau Memandikan dan Mengafankan Jenazah minggu pagi dinilai beberapa orang juri yang terdiri dari beberapa tokoh agama yang ada di kecamatan pemali. (mau/rep)

-