REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Pra Penas KTNA Bangka di Desa Rebo

22 Januari
23:05 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman mengungkapkan Sebelum Pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke XV di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam sekitar bulan Mei mendatang. Kabupaten Bangka melalui Dinas Pertanian akan menyelenggarakan Pra Penas KTNA tingkat Kabupaten Bangka yang direncanakan akan dilaksanakan di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat.

"Semua KTNA akan kita kumpulkan di Desa Rebo untuk mendapatkan pemahaman terkait dengan mengenai pertanian dan juga perikanan sebelum ikut Penas KTNA di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam..Pra Penas ini merupakan pertemuan petani nelayan Bangka sekaligus sebagai ajang pengukuran prestasi bagi petani nelayan dan pembangunan pertanian dalam arti luas, media komunikasi teknologi pertanian, khususnya dalam rangka memperkokoh pembangunan sistem dan usaha agribisnis," ungkap Kemas, Jumat (20/1/17) di Sungailiat.

Rencananya pelaksanaannya akan dihadir Bupati dan Wakil Bupati Bangka, serta stakeholrder lainnya yang terkait.
Pra Penas ini lanjut Kemas lebih memberi dan meningkatkan motivasi petani dan nelayan Bangka dan masyarakat pelaku agribisnis yang berdaya saing, bekerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan serta menumbuhkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan dalam upaya kemandirian pangan.

"Kita ingin pertanian tangguh itu benar-benar terwujud di Kabupaten Bangka di bawah kepemimpinan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dan Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah," harapnya.

Pra Penas di Desa Rebo nanti akan dilaksanakan sekitar bulan Februari dengan melibatkan semua KTNA yang ada di Kabupaten Bangka dengan harapan untuk meningkatnya kepemimpinan dan kemandirian kontak tani nelayan Bangka dan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan. Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian di bidang pertanian, perikanan, danpemberdayaan pangan, serta menguatkan akses terhadap berbagai pelayanan dan informasi untuk pengembangan usaha dan kemitraan dan jiwa wirausaha dan kesadaran lingkungan.

"Yang utamanya adalaha meningkatkan pemahaman dan kemampuan petani- nelayan tentang kegiatan- kegiatan PENAS KTNA XV 2017 mendatang dalam membantu dan mendukung visi misi pak Bupati Bangka," harap Kemas. (Lutfi / Mau)

-