REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Pasar Kite Sungailiat Dicanangkan Sebagai Pasar Sehat

12 Februari
00:37 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat mencanangkan Pasar Kite Sungailiat menuju Pasar Sehat, Sabtu (11/2/2017) di halaman Pasar Kite Sungailiat. Pencanangan tersebut ditandai dengan penandatangan komitmen menuju pasar Kite Sehat Kabupaten Bangka tahun 2017.

Pemerintah Kabupaten Bangka sendiri telah merehab dan membangun sejumlah pasar yakni pasar Kenanga, Penagan, Petaling dan pasar Sempan, sedangkan untuk tahun 2017 ini akan merehab pasar Inpres dengan dana sekitar Rp 3,5 milyar.

"Pasar Kite Sungailiat nantinya menjadi pasar induk, sehingga pasar lainnya menyebar, selain itu diarah Sinar Jaya juga akan di bangun pasar," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati meluncuran Pos Pelayanan Kesehatan dan P3K serta Oprasional Radioland Pasar Kite. Dirinya berharap dengan adanya Pos Pelayanan Kesehatan di pasar, agar dipergunakan pedagang untuk memeriksa kesehatan serta lebih menata Pasar Kite menjadi lebih baik. "Ini hasil kolaborasi antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka," ujar bupati.

Tidak hanya itu, bupati juga mengatakan, dalam waktu dekat akan meluncurkan program Senja untuk mengajak masyarkat mengkonsumsi menu makanan tambahan pada hari Senin Jagung, Selasa Pisang, Rabu Talas, Kamis Singkong, Jumat Bijur, Sabtu Kembili.

"Ini semua dimaksudkan agar masyarakat membiasakan mengkonsumsi makanan tambahan, pengganti nasi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," tuturnya.

Ia juga berpesan terhadap, Kepala Pasar Kite agar dapat menata pasar dengan baik serta menata parkir lebih teratur sehingga tidak terjadi keributan."Air juga diperhatikan, kalau pasar bersih orang yang membeli juga banyak,” ujar Tarmizi.

Sementara itu Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rossy Hartati mengatakan, pasar sehat merupakan pasar aman dari bahan berbahaya di pasar Kite," tutur Rossy.

Program ini merupakan program nasional dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang dimulai sejak tahun 2013 dimana dalam satu tahun ada satu pasar disetiap provinsi diinterpensi oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan. Sedangkan BPOM Babel sendiri sudah tahun ke tiga melakukan meliputi Belitung, Belitung Timur dan Pakalpinang.

Rossy mengatakan, program pasar sehat untuk mencegah penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan terutama dijual di pasar tradiosional karena pasar merupakan sumber tempat memperoleh bahan pangan sehingga dapat mendukung terwujudnya pasar sehat di Pasar Kite Sungailiat.

"Ada ranngkaian dari pasar yang aman dari bahan berbahaya ini ada beberapa tahapan dimulai dari advokasi, untuk mewujudkan pasar Kite Sehat dan Bangka sehat,” tukasnya.

Sedangkan tujuan dari adanya Pos Pelayanan Kesehatan dan P3K serta beroperasinya Radioland adalah untuk mewujudkan pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat melalui kemandirian komonitas pasar. (imam)

-