REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Wakil Walikota Palembang Kunker ke Bangka

12 Februari
00:50 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan study banding bidang pariwisata ke Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung untuk melihat pengembangan pariwisata di Bumi Sepintu Sedulang.

Kedatangan rombongan Pemkot Palembang, pada Jumat (10/2/2017) malam dipimpin langsung Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda diterima Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat.

Kesempatan itu Bupati Tarmizi Saat memaparkan potensi parwisata kabupaten Bangka, dimana Pemerintah Kabupaten Bangka dengan Visi Bangka Bermartabat dan salah satu misinya yakni mewujudkan pertanian yang tangguh.

Dijelaskannya, saat ini kabupaten Bangka sedang menggiatkan pembangunan bidang pertanian, serta dalam tahun 2017 ini bakal diremikan pabrik Tapioka terbesar di Indonesia yang saat ini dalam pembangunan di Puding Besar.

"Pasca timah tidak ada pilihan bagi Bangka yakni bidang Pertanian dan Pariwisata untuk mempertahankan perkonomian daerah ini," kata Tarmizi.

Untuk pembangunan bidang pariwisata saat ini sedang dipersiapkan pembangunan kawasan ekonomi khusus pariwisata di Sungailiat. "Rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus pariwisata sudah kita paparkan di hadapan kementerian Pariwisata," tandasnya.

Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Sungailiat berada di pantai Rambambak, Teluk Uber, Tanjung Pesona, Pantai Tikus hingga Pantai Rebo. "Saat ini sedang proses tender untuk pembangunan lapangan golf di kawasan ekonomi khusus pariwisata, serta sudah dipersiapkan lahan dengan luas sekitar 500 ha, diantaranya 200 ha merupakan milik Pemkab Bangka," jelas Tarmizi.

Selain itu Bupati memaparkan tentang sejumlah potensi wisata yang ada di kabupaten Bangka diantaranya wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan wisata relegi.

Sementara itu Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda menyampaikan tentang pembangunan pariwisata di kota Palembang serta ditayangkan film pendek tentang pariwisata kota Palembang.

"Kita sedang mempersiapkan menjadi tuan rumah Asean Games serta pembangunan tengah gencar – gencar dilakukan untuk mewujukan Palembang Emas yakni Elok, Madani, Aman dan Sejahtera," jelasnya.

Pertemuan antara Pemkot Palembang dan Pemkab Bangka, juga dihadiri Asisten Pembangunan dan Perekonomi Sekda Bangka M.Kamil Abu Bakar, dan Kepala SKPD terkait. (imam)

-