REPORTASE BANGKA

Ruang Rawat Inap Puskesmas Puding Besar Diresmikan

15 Februari
23:16 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat meresmikan ruang rawat inap Puskesmas Puding Besar, pada Selasa (14/2) di Puding Besar.

Ruang rawat inap yang diresmikan dengan luas 522 meter persegi dengan 2 lantai yang terdiri dari ruang rawat inap anak, ruang rawat inap wanita, ruang rawat inap laki – laki, ruang kebidanan dan anak, ruang pertemuan, ruang kantor, ruang arsip, ruang cuci dan ruang jaga.

Bupati Bangka Tarmizi Saat menjelaskan, dengan diresmikan ruang rawat inap Puskesmas Puding Besar, hingga saat ini terdapat 6 Puskesmas di kabupaten Bangka yang sudah memiliki ruang rawat inap.

Selain Puskesmas Puding Besar, lima Puskesmas lainnya yang sudah memiliki ruang rawat inap meliputi Puskesmas Bakam, Petaling, Riau Silip, Belinyu dan Penagan.

Sedangkan jumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Bangka hingga saat ini sebanyak 12 Puskesmas.

Selain 12 Puskesmas yang sudah ada, Pemkab Bangka berencana aka membangun Puskesmas di desa Saing dan Bukit Layang. " Puskesmas di kabupaten Bangka seluruhnya akan diberi nama apakah diambil dari nama pejuang kemerdekaan maupun tokoh lainnya,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas, Bupati Tarmizi Saat menjelaskan, akan dibuat mitra Puskesmas dengan penempatan dokter spesialis, yang akan memberikan pelayanan seminggu sekali atau dua kali seminggu.

Di masa mendatang, keberadaan Puskesmas di Kabupaten Bangka akan diikuti dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan dilakukan penambahan pegawai di Puskesmas meliputi, tenaga perawat, dokter, farmasi, apoteker, bidan, tenaga administrasi dan satpam.

Menyinggung rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Pratama Puding Besar, Bupati mengatakan, akan dibangun jalan selebar 20 meter dengan dua jalur di arah RSUD Pratama tersebut sehingga lebih ramai dengan pengalihan rute jalan kendaraan khususnya angkatan umum antara Pangkalpinang - Muntok

Kesempatan itu ketua pelaksana peresmian dr Ricky Harry menjelaskan, pembangunan rawat inap Puskesmas Puding Besar dimulai 8 Agustus 2016 hingga 5 Desember 2016, dengan sumber dana pembangunan berasal dari dana alokasi khusus ( DAK ) tahun 2016.

Dijelaskannya, Dengan dibangunnya ruang rawat inap akan berfungsi sebagai tempat rujukan pertama bagi kasus tertentu yang perlu dirujuk, dengan beberapa fungsi pokok antara lain, sesuai dengan tugas yaitu pelayanan pembinaan dan pengembangan dengan penekanan pada kegiatan yang bersifat preventif, promotif dan fungsi rehabilitatif.

Sedangkan untuk funsi yang berorientasi pada kegiatan teknis terkait instalasi perawatan pasien sakit, instalasi obat, instalasi gizi dan instalasi gizi dan instalasi umum juga fungsi yang lebih tinggi berorientasi pada kegiatan yang bersifat kuratif.

Persemian rawat inap Puskesmas Puding Besar, yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Bangka serta dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian, anggota DPRD Dapil setempat, unsur pimpinan di kecamatan Puding Besar dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Bangka. (imam)

-





Berita Terkait
Lainnya di Reportase Babel