REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Tarmizi: Kembangkan Destinasi Wisata Sungai Perimping

25 Februari
20:16 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat menemukan potensi destinasi wisata yang cukup besar disepanjang sungai Perimping Kecamatan Riu Silip dan sekitarnya.

Potensi wisata yang dilihat langsung Bupati Bangka setelah melakukan pelayaran menggunakan Kapal Dinas Kelautan Kabupaten Bangka selama satu jam lebih, Sabtu (25/2) dimulai dari Mantung, kecamatan Belinyu hingga Jembatan Sungai Perimping.

Menurut Bupati Bangka Tarmizi Saat alam disepanjang sungai Perimping masih asli, sekitar 20 persen saja yang mengalami kerusakan karena adanya kegiatan penambangan yang tidak memiliki izin.

Dijelaskannya, setelah melihat kondisi yang ada untuk selanjutkan akan melakukan rapat bersama camat, kepala desa dan dinas terkait untuk menggelar event wisata di lokasi tersebut. "Kita adakan event wisata Teluk Kelabat, sungai Primping dan Gunung Maras,” ujarnya disela – sela perjalanan menyelusuri sungai Perimping.

Selain itu juga akan melibat siswa SMA sederajat dan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Bangka Belitung untuk melakukan olahraga bersepeda dari Rambang ke Gunung Maras turunnya berakhir di air terjun desa Dalil.

"Sungai Perimping merupakan tempat wisata yang cukup baik, kita akan rumuskan secara bersama – sama, rencana ini harus berlangsung diakhir tahun 2017 melalui anggaran APBD Perubahan,” harapnya.

Kondisi Hutan Bakau (Mangrove) yang masih baik di sepanjang sungai Perimping merupakan potensi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Bupati Bangka Tarmizi Saat merencanakan mulai dari jembatan Perimping dibangun jalan setapak sepanjang 700 meter untuk wisata mangrove, dengan menggunakan APBN berasal dari Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi serta didukung melalui dana APBD dan APBDes.

Selama ini kawasan sepanjang perairan sungai Perimping terdapat kegiatan penambangan secara ilegal, namun ketika kapal yang membawa Bupati Bangka beserta rombongan melalui kawasan itu tidak tampak satupun kegiatan penambangan.

Namun sejumlah peralatan penambangan tampak disejumlah titik, yang ditinggalkan para penambang. "Seputar sungai Perimping ini akan kita kembangankan sebagai obyek wisata, bila ada kegiatan penambangan tanpa izin itu mereka akan berhenti dengan sendirinya,” tukasnya.

Penijauan Bupati Bangka disepanjang sungai Perimping dengan menggunakan kapal didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangka Meina Lina, kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kabupaten Bangka Tony Marza, Camat Riau Silkip, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra dan SKPD terkait.

-