REPORTASE BANGKA

Jemaah Haji Indonesia Terbaik Dan Taat Aturan

07 Maret
10:00 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Pelayanan pelaksanaan ibadah haji terus ditingkatkan pemerintah untuk memberikan kepuasan kepada jemaah haji. Menurut kepala seksi penyelenggaraan haji dan umah Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Rabu (1/3/2017) di Sungailiat menjelaskan, sekarang ini pemerintah terus berupaya menimalisir kendala-kendala yang ada untuk memperlancar pelaksanaan ibadah haji.

"Mengatur ratusan ribu jemaah itu sangat sulit, apalagi untuk tahun ini bisa mencapai duaratus ribuan karena adanya penambahan kuato tersebut, karena dari usia tidak sama, cara makan berbeda, budaya kita sama, bahasa juga, namun pemerintah baik pusat maupun daerah, terus berusaha memberikan pelayanan yang maksimal," jelasnya.

Diakuinya perlayanan yang terus semakin baik itu, terasa sekali jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, seperti tahun 2016 lebih baik dengan tahun 2014. Lebih lanjut ia mengatakan juga, terkait dengan jemaah haji, Indonesia telah diakui sebagai jemaah haji yang terbaik dan taat aturan.

"Malaysia pernah studi banding ke Indonesia untuk melihat bagaimana cara mengurus jemaah yang ratusaan ribu itu, sedangkan mereka yang hanya 20 ribu jemaah haji saja sangat kewalahan mengurusnya, negara dari Afrika itu, mengurus sendiri mereka, jadi sangat bersyukur bagi kita Indonesia, pemerintahnya benar-benar melayani, dan diakui juga oleh Pemerintah Arab Saudi, kita merupakan jemaah haji terbaik dan taat aturan," jelasnya


Biaya Haji Tergantung Persetujuan DPR Dan Keputusan Presiden


Sementara itu Terkait dengan biaya keberangkatan haji, kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah Kementerian Agama Kabupaten Bangka, H. Ahmad Zakwan mengungkapkan, untuk sekarang ini, biaya keberangkatan haji belum pasti dan masih dalam proses.

"Biasanya awalnya dari usulan kementerian agama diteruskan ke DPR, mendapat persetujuan DPR dan disahkan dengan keputusan presiden, masih proses juga mungkin sekarang, kita tunggu saja dari pusat" jelas Zakwan, Rabu (1/3/17) di Sungailiat.

Dikatakan Zakwan lagi, untuk tahun kemarin, biaya untuk ibadah haji ini, untuk dari Babel ini sebesar Rp 32.500.000,- untuk embarkasi Palembang dan kuntuk tahun ini diharapkan tidak berlalu jauhlah dari biaya sebelumnya.

"Kisarannya mungkin tidak jauh dari biaya tahun kemarin, namun tidak turun, pasi naik, atau paling gak sama dengan tahun kemarin, semoga tidak terlalu tinggi lah," katanya lagi.
Dijelas Zakwan lagi, untuk menunaikan ibadah haji ini, diharapkan calon jemaah siap semuanya, baik dari segi fisik maupun mental, termasuk juga biaya.

"Naik haji ini tidak ada subsidinya, harus mampu, kalau ada subsidi, mendingan kita bantu masyarakat untuk hal yang lain. Pelaksanaan ibadah haji itu kewajiban bagi yang mampu, kalau tidak mampu tidak wajib hukumnya, jemaah itu jangan mengharapkan pemerintah untuk naik haji, namun harus dari dia sendiri seluruhnya," tegasnya.

-