REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Petani di Babel Masih Minim Ikut Asuransi

15 Maret
15:32 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Minat para Petani di Pulau Bangka dan Belitung masih minim untuk mengasuransikan lahan pertanian dan hewan ternaknya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung Toni Batubara, usai membuka Musrenbag Dinas Pertanian Di Hotel Aston Bangka Tengah, Rabu (15/3/2017).

Menurutnya, asuransi bagi petani dan peternak sangat penting, hal ini sebagai bentuk antisipasi kalau terjadi gagal panen akibat banjir, atau sesuatu hal yang tidak di duga.

"Kita tidak tahu yang namanya musibah, kalau sudah diasuransikan, petani bisa tenang, sebab dapat pergantian, apabila gagal panen atau ternak mari," jelas Toni.

Sementara itu, Pemerintah melalui APBN sudah menyiapkan anggaran subsidi bagi petani dan peternak yang mau ikut asuransi. Dari Rp.180 ribu Pemerintah mensubsidi Rp.144 ribu, sedangkan petaninya hanya Rp.36 ribu.

"Untuk perhektar asuransi permusim Rp.200 ribu, pemerintah subsidi Rp.144 ribu sisanya Rp.36 ribu swakelola petani itu sendiri, nanti apabila gagal panen akan mendapatkan pergantian Rp.6 juta perhektar permusim," ujarnya.

Sedangkan untuk Hewan sendiri menurut Toni, biaya asuransinya perhewan yaitu sapi Rp.200 ribu, pemerintah subsidi Rp.160 ribu, peternaknya Rp.40 ribu.

"Kalau sapinya mati, maka petani hewan akan mendapatkan pergantian Rp.10 juta per ekor," ungkap Toni.

Ia berharap, Dinas Pertanian di Kabupaten dapat memberikan masukan kepada Kepala daerahnya, agar mau membantu petani membayar sisa asuransinya sehingga dapat meringankan beban mereka. (rep) 

-