REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Pasca Tambang, Dinas Pertanian Babel Petakan Ini!

15 Maret
15:51 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Pasca Tambang Timah yang mulai merosot, Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung tahun ini akan melakukan pemetaan potensi unggulan di bidang Pertanian, Perkebunan dan Peternakan di setiap Kabupaten atau Kota.

Kepala dinas pertanian Provinsi Bangka Belitung Toni Batubara mengatakan, pasca ka tambang di Babel banyak sekali potensi pertanian yang harus di kembangkan, mulai dari tanaman holtikulutra Cabai, Bawang, tanaman pangan, Padi, Jagung dan Kedelai, Perkebunan Lada dan Karet serta Buah-buahan begitu pula dengan Peternakan.

"Potensi Babel ini banyak yang bisa kita kembangkan pasca tambang berkurang, dan ini harus benar-benar di persiapkan, sehingga memberikan dampak yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat khususnya petani dan peternak," jelasnya.

Dijelaskan Toni, perlu adanya pemetaan yang lebih maksimal sehingga dapat diketahui setiap potensi apa yang diunggulan disetiap Daerah. "Untuk pemetaan sendiri sudah ada, namun belum maksimalkan, nah sekarang akan kita maksimalkan," ujarnya.

Seperti di Belitung selain dijadikan kawasan pariwisata, Belitung juga lebih dekat dengan daerah penghasil buah-buahan, Bangka Selatan padi dan Lada, Bangka tanaman Holtikultura.

"Beberapa kabupaten sudah ada potensi unggulanya, ini sangat bagus sekali seperti Belitung bagus itu daerah buah-buahan Manggis, Suku dan Nanas," terangnya.

Sementara untuk di Bangka Tengah menurut Toni, melihat keberhasilan Kabupaten ini dalam hal pengembangan populasi sapi sangat tepat menjadi daerah untuk potensi peternakan.

"Bangka tengah ini cocok sekali kita petakan untuk potensi peternakan, memang di daerah ini ada juga sektor unggulan lainya di bidang pertanian dan perkebunan," ucap toni.

Untuk hasil musrenbang ini, nantinya agar dapat meningkatkan berbagai program di bidang pertanian untuk menuju Pertanian pertanian produktif berdaya saing dan berkelanjutan berbasis sumber daya lokal.

"Mencoba memberi ruang, hasil kajian Musrenbang ini akan menjadi acuan pertanian Babel 5 tahun kedepan dan mudah-mudahan sejalan dengan visi-misi Gubernur Babel nanti," tambah Toni.(rep)

-