REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Gerakan Ayah Masuk Paud Baik untuk Pendidikan Anak

23 Maret
00:56 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Hampir 95 persen guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia adalah perempuan.

“ Kurangnya guru laki – laki membuat anak laki – laki sebagai siswa Paud kurang terlayani sesuai dengan kodratnya,” ujar R. Ella Yulaelawati, Direktur Pembinaan Paud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI pada sosialisasi penuntasan ikut Paud satu tahun pra sekolah dasar di kabupaten Bangka, Selasa (21/3) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Menurutnya, anak laki – laki itu lebih suka di luar ruangan, suka bergerak dan sangat enerjik namun pembelajaran terlalu feminim di Paud.

“ Saya mohon banyak ayah yang masuk ke Paud jadi bukan hanya bunda PAUD, namun ada juga ayah Paud,” tukas Ella Yulaelawati.

Diharapkannya ada gerakan ayah masuk Paud, sehingga anak bisa mendapatkan teladan dari ayah, dapat dilakukan dalam bentuk gerakan seperti ayah mendongeng, ayah membaca cerita dan gerakan ayah mengajak berolahraga.

Kehadiran sosok ayah di Paud sangat baik pengaruhnya bagi anak laki – laki maupun anak perempuan.

Diungkapkan Direktur Pembinaan Paud, para ayah atau guru laki – laki tidak berminat menjadi guru Paud dikarenakan gajinya kecil.

Untuk mendorong minat laki – laki menjadi guru Paud paling tidak perlu adanya insentif sebagai rangsangan.

“ Di Jawa Barat gaji guru Paud Rp 1 juta 200 ribu, belum lagi harus sabar, jujur, tawakal, doa terus menerus,” katanya.

Diungkapkannya, gerakan ayah masuk Paud walau hanya satu hari, beberapa jam saja ini sangat bermanfaat bagi anak laki – laki, “ pak Camat bisa masuk Paud, pak Kades dan lain seterusnya,” tukasnya.

Usai membuka sosialisasi penuntasan ikut Paud satu tahun pra sekolah dasar di kabupaten Bangka, Direktur Pembinaan Paud didampingi Bupati Bangka Tarmizi Saat dan Bunda Paud Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi menijau Paud Amaliyah RSS Sungailiat, disini Direktur Pembinaan Paud R. Ella Yulaelawati bersama Bunda Paud Kabupaten Bangka bermain bersama anak – anak Paud.

Setelah dari Paud Amaliyah, dilanjutkan peninjauan di TK Pembina RSS Sungailiat.

-