REPORTASE BANGKA

Bupati Bangka Optimis Sungailiat Kembali Meraih Piala Adipura

04 Mei
10:44 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan kota Sungailiat tahun 2017 ini kembali meraih Piala Adipura. Hal itu dikatakan Bupati ketika persiapan menjelang penilai akkhir piala Adipura, Kamis (20/4) di ruang kerjanya.

Menjelang paparan yang dilakukan dihadapan tim penilai Piala Adipura di Jakarta, Bupati Bangka Tarmizi Saat menerima masukan dari SKPD terkait diantaranya Kepala Dinas Linkungan Hidup Kabupaten Bangka, Kepala Dinas Pertanian kabupaten Bangka, Kepala Bappeda kabupaten dan Kepala SKPD lainnya.

Sampai saat ini Sungailiat tercatat sudah 7 kali meraih Piala Adipura, sebagai penghargaan untuk kota kecil terbersih.

Kota Sungailiat dengan moto kota Bersih, Tertib dan Aman (Berteman) terus melakukan pembenahan serta menata kota ini semakin tampak bersih akan dipaparkan Bupati Bangka dihadapan para juri penilai Piala Adipura. “ Semoga ditahun 2017 ini Sungailiat dapat meraih piala Adipura untuk kedelapan kalinya,” ungkap Tarmizi.

Menurut Bupati, upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan pembangunan lingkungan tidak hanya terpusat di kota Sungailiat namun di seluruh wilayah kabupaten Bangka dengan pemanfaatan lahan pasca tambang agar menjadi lahan produktif, reklamasi lahan pasca tambang dan reklamasi lahan pesisir pantai.

Untuk pemanfaatan lahan Pasca tambang dilakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian kabupaten Bangka, Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangka dan Dinas terkait lainnya diantaranya lahan bekas tambang seluas 10 hektar di kelurahan Matras sudah dimanfaatkan dengan berkerjasama kelompok tani dengan mengembangkan tanaman pangan dan perternakan serta beberapa lahan bekas tambang lainnya yang sudah dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan di sejumlah kecamatan di kabupaten Bangka.

Selain itu Pemkab Bangka juga bekerjasama dengan Pt Timah Tbk dalam bentuk membuat lahan perkebunan, lahan pinggir pantai, lahan kritis, lahan magrove dan lahan yang bisa dijadikan kebun holtikultura, kebun sayuran, tanaman pangan dan lain - lain.

Dihadapan tim penilai Adipura pusat, Bupati juga akan menyampaikan kebijakan dalam pengelolaan sampah dan lahan terbuka hijau hingga Tempat Pembuangan Akhir Sampah. “ Desa – desa juga membangunan bak – bak sampai sesuai dengan kemampuan keuangan desa,” ujar Bupati.

Menurut rencana Pemkab Bangka juga akan memberikan penilaian dan penghargaan Adipura untuk desa di wilayah kabupaten Bangka yang dinilai bersih dan dapat menata lingkungan dengan baik.

Dikatakannya, ruang terbuka hijau kabupaten Bangka tahun ini dianggarkan Rp 8 milyar di eks terminal bus Sungailiat.

Melihat perkembangan dan penataan lingkungan di Kabupaten Bangka saat ini dan kebijakan yang ada, Bupati Bangka Tarmizi Saat optimis kabupaten Bangka dapat meraih kembali Piala Adipura.

-