REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Bulatkan Tekad, Sungailiat Bermartabat

04 Mei
11:01 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - 27 April 2017, Kota Sungailiat genap berusia ke-251 tahun. Di usia tersebut berbagai pembangunan dilakukan oleh Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat dan Wakil Bupati, Drs. Rustamsyah yang telah memimpin Kabupaten Bangka sejak Bulan September tahun 2013.

Bupati Bangka dalam sambutannya pada sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bangka memperingati hari jadi ke – 251 kota sungailiat, Kamis (27/04/2017) di Gedung Mahligai DPRD Bangka mengatakan, di usianya yang ke 251, Kota Sungailiat semakin menuju ke arah kota yang bermartabat didukung tata ruang yang baik dengan perencanaan pembangunan yang terstruktur dan terkendali, kota sungailiat mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam bidang perekonomian.

"Selain itu masyarakat Kota Sungailiat semakin mengedepankan etika, kekeluargaan, dan budaya, sehingga membuat kita semua merasakan kenyamanan tinggal dan bermukim di kota yang memiliki motto BERTEMAN (Bersih, Tertib dan Aman) ini. Semangat dan motivasi inilah yang menjadi alasan kuat bagi kita memilih tema “Bulatkan Tekad, Sungailiat Bermartabat” sebagai tema peringatan HUT ke-251 pada tahun 2017 ini,’’ungkap Bupati Bangka.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Bangka menjelaskan tentang berbagai prestasi yang diraih pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 mendapat Piala WTN, Pangripta Serumpun Sebalai di bidang perencanaan selama 4 tahun berturut-turut dan inovasi Bangka Mudah Dapat Akta atau Bang Muda dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil masuk dalam TOP 99 Inovasi pelayanan public (SINOVIK) dari 3 ribu lebih inovasi seluruh Indonesia.

Untuk mewujudkan Bangka Bermartabat Pemkab Bangka mempunyai 23 (dua puluh tiga) program strategis yaitu sistem informasi kemiskinan (kembang desa), inovasi cikar resti untuk ibu hamil beresiko tinggi (Bumilristi), perburuan anak putus sekolah (Bunaktuslah), perburuan orang tua hidup sendiri (Buratuhiri) dan juga rumah layak huni (Rulahu). Program strategis lainnya yaitu program magrib mengaji, one day one juz, gerakan pangan lokal, gerakan semari (sedekah lima ratus rupiah sehari), program jambanisasi bersama tni, gerakan masyarakat sehat (germas), jaminan kesehatan sepintu sedulang (JKSS), peningkatan kualitas public safety centre (psc) 119, bantuan mobil untuk gapoktan dan bumdes, kebun kelapa sawit rakyat (KKSR), kebun singkong rakyat (KSR), kebun lada rakyat, kebun karet rakyat, program sistem integrasi sapi - kelapa sawit (siskasi).

"Dalam bidang pendidikan, kita juga ingin menjadikan Kota Sungailiat menjadi salah satu kota dengan pembangunan pendidikan yang baik dengan melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 19 orang penerima beasiswa, UPI Bandung sebanyak 31 orang penerima beasiswa, STPN jogjakarta, dokter dan lainnya, termasuk dengan Polman Babel. Program beasiswa bagi siswa tidak mampu juga dilakukan baik di Kota Sungailiat maupun di kecamatan-kecamatan lainnya,’’jelas Bupati Bangka.

Adapun kegiatan kemarin diawali dengan kegiatan cukur massal di Masjid Agung Sungailiat, sidang paripurna di DPRD Bangka, nganggung dua ribu dulang di Gedung Sepintu Sedulang, Sungailiat, dan pada sore harinya dilaksanakan pembukaan Bangka Expo 2017 di THR Batin Tikal Sungailiat.

-