REPORTASE BANGKA

Bang Muda Masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik

04 Mei
11:05 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Inovasi pelayanan publik yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Bangka tersebut dipaparkan Bupati dalam presentasi dan wawancara penentuan Top 40 Inovasi Pelayanan publik tahun 2017 dimana saat ini Kabupaten Bangka masuk Top 99 Inovasi Pekayan Publik dihadapan tim penilai para pakar dari berbagai disiplin ilmu terdiri dari Prof, Refli Harun, Prof. Siti Zuhroh, Prof Solbiah, Prof. JB Kristiadi, Prof. Neneng dan Prof Tulus Abdi.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengungkapkan, yang paling penting bagi masyarakat adalah identitas diri karena itu Pemkab Bangka memiliki program ketika bayi lahir langsung mendapatkan akta kelahiran dengan pelayanan hingga kepelosok desa yang terjauh di kabupaten Bangka hingga mencapai 90 km. "Yang dilayani melalui sitem ini yakni akta kelahiran, akta kematian dan kartu keluarga,” jelasnya.

Menurut Tarmizi, Bang Muda merupakan layanan yang mensinergikan dengan rumah sakit. Puskesmas, Pustu yang mencakup seluruh unsur terkait baik fertikal, horizontal dan diagonal.

Untuk pembuatan akta kelahiran saat ini di kabupaten Bangka tidak pelu ketempat yang jauh, untuk akta kelahiran yang terlambat pembuatannya dapat melalui PATEN yang ada di setiap kecamatan. "Untuk bayi yang baru lahir, tanggal akta itu sama dengan tanggal bayi lahir, ngek bayi lahir langsung keluar akta kelahiran dengan syarat data di bidan yang membantu persalinan langsung online dengan Dukcapil, “ paparnya.

Dengan pelayanan secara online pembuatan akta kelahiran untuk bayi yang baru lahir, diungkapkan Tarmizi membuat pelayanan di Dinas Dukcapil lebih tertib tidak dipenuhi masyarakat.

Diakuinya, selama ini pelayalan dalam pembuatan akta kelahiran dengan prosedur yang panjang dapat ditekan dengan adanya Bang Muda.

Kesempatan itu Bupati juga menjawab pertanyaan dati tim penguji yang menilai inovasi Bang Muda sangat inovatif dapat diikuti daerah lain.

Presentasi dan Wawancara Inovasi Pelayanan Publik 2017 juga dihadiri Asisten Adminstrasi Umum Sekda Bangka Akhmad Mukhsin, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto, Kepala Dukcapil Rahmad Gunawan, Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra, Kabag Organisasi Wilys Erni Yunita.

-







Lainnya di Reportase Babel
 

Tingkatkan Pelayanan Kepada Publik, Kapolres Tinjau Sentra Pelayanan Kepolisan Polres Pangkalpinang

REPORTASE, Pangkalpinang - Kapolres Pangkalpinang AKBP Heru Budi Prasetyo melakukan inspeksi mendadak di lingkungan Polres Pangkalpinang,Kamis Pagi (30/3/2017)Didampingi Wakapolres Pangkalpinang Kompol Dadang Wijaya,Kapolres meninjau ruang tahanan dan Sentra Pelayanan Kepolisian...

Baca Selengkapnya