REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Pemkab Bangka Berikan Beasiswa Bangka Cerdas

04 Mei
11:11 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kabupaten Bangka selain menyelenggarakan upacara bendera juga memberikan beasiswa Bangka Cerdas bagi anak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bangka. Launching dan penyerahan beasiswa Bangka Cerdas diserahkan langsung Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Selasa (2/5/17) di Halaman Kantor Bupati Bangka.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka ketika ditemui (2/5/17) di Sungailiat mengungkapkan, pemberian beasiswa Bangka Cerdas ini merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Bangka untuk membantu peserta didik yang kurang mampu yang mmepunyai potensi , sehingga dapat memenuhi kebutuhan sekolahnya.

“Kita berikan sesuai dengan data yang kita ambil dari desa, dan juga sekolah sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan sekolahnya, seperti membeli buku, tas, pulpen, dan lainnya. Sebelum kita berikan kita survei terlebih dahulu dan kita cek lagi ke penerima beasiswa,” jelas Padli.

Diuraikan Padli lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Bangka telah menganggarkan dana 250 orang untuk siswa sekolah dasar dan 250 orang untuk siswa sekolah menengah pertama dengan dana sebesar RP 1,2 juta per tahun dan diambil per semeseter sebesar Rp 600.000,-.

“Kita kerjasama dengan pihak perbankan seperti BRI dan kantor pos juga, jadi setiap anak akan mengambil beasiswanya sendiri yang telah kita anggarkan dari APBD II kita dengan memperlihatkan kartu keluarga orang tua, kartu pelajar siswa dan kartu Bangka Cerdas,” jelas Padli lagi.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka ini berharapa dana yang telah diberikan pemerintah daerah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan dipergunakan untuk kebutuhan sekolah dan tidak dipergunakan untuk kebutuhan di luar sekolah. Selain beasiswa Bangka Cerdas yang diserahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka, Pemerintah Pusat juga mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar yang diberikan kepada siswa yang berhak menerimanya termasuk siswa di Kabupaten Bangka.

-