REPORTASE BANGKA

Bangka Siapkan Dana Rp 2 Milyar Untuk JKSS

04 Mei
11:27 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Mewujudkan pelayanan yang semakin baik dan prima, terutama di bidang pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bangka telah meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Sepintu Sedulang (JKSS) yang diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Bangka.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, program Jaminan Kesehatan Sepintu Sedulang ini merupakan salah satu program andalan Kabupaten Bangka untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Kita telah siapkan anggaran Rp 2 Milyar untuk JKSS ini, bagi masyarakat tidak mampu yang tidak mempunyai BPJPS atau asuransi kesehatan lainnya," ungkap Then, Rabu (3/5/17) di Sungailiat.

Diuraikannya lagi, program JKSS ini diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu dan bisa digunakan dari puskesmas sampai dengan rumah sakit. "JKSS ini untuk kelas tiga dari puskesmas sampai rumah sakit dan rumah sakitnya Rumah Sakit Umum Pratama Eko Maulana Ali dan RSUD Sungailiat dengan anggaran kurang lebih Rp 2 milyar dan jika kurang akan kita tambahkan lagi di APBD Perubahan," urainya.

Terkait kepersertaan JKSS, Then menyebutkan, pesertanya diambil berdasarkan inovasi E-Kembang Desa yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bangka dan tidak tanggung oleh BPJS dan asuransi lainnya. "Kita siap melayani masyarakat, dan sekarang ini kita terus lakukan sosialisasi di puskesmas dan juga masyarakat, dan kita harapkan masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah yang JKSS ini," katanya.

Terkait dengan rujukan, Then menyebutkan, untuk sekarang rujukannya di Rumah Sakit Umum Pratama dan Rumah Sakit Umum Daerah Sungailiat. "Pelayanannya dari puskesmas dan rujukannya tetap di rumah sakit kita, di RSU Pratama Eko Maulana Ali dan RSUD Sungailiat," tukasnya.

-