REPORTASE BANGKA

Investor Wajib Buat Laporan Kegiatan Secara Online

04 Mei
11:34 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Investor diwajibkan membuat dan menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal secara online. Hal itu sebagai upaya pengendalian pelaksanaan penanaman modal di kabupaten Bangka khususnya melalui peningkatan pelayanan informasi, kebijakan dan regulasi berdasarkan Undan Undang Nomor 25 tahun 2007 pasal 15 (c) mewajibkan setiap penanam modal untuk membuat dan menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal ( LKPM ) sebagai data informasi beserta realisasi investasi yang telah ditanam pada setiap priode triwulan .

Kepala Dinas Penanaman Modal. Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bangka Marwan Zahfari di Sungailiat, Kamis (4/5) menjelaskan, berkenaan dengan itu maka dapat dilihat sejauhmana dalam mengaktifkan tingkat kepatuhan para investor dalam memenuhi kewajibannya. “ Saya mengharapkan para investor dapat melaksanakan kewajiban sesuai aturan perundang – undangan,” kata Marwan.

Sesuai UU nomor 25 tahun 2007 pasat 15 diharapkan kepada setiap penanam modal berkewajiban membuat laporan tentang kegiatan penanaman modal dan menyampaikan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan PerizinanTerpadu Satu Pintu ( DPM PTSP Provinsi dan DPM PTSP Kabupaten Bangka.

Dijelaskannya, teknis penyampaian LKPM yang wajib disampaikan secara online diatur dalam Peraturan Kepala BKPM nomor 17 tahun 2015 BAB VI Pasal 12 ayat 2 serta Laporan LKMP triwulan (Januari – Maret) tahun 2017, diwajibkan bagi perusahaaan penanaman modal. “ Bagi perusahaan yang tidak menyampaikan LKPM sesuai priode pelaporan, BKPM akan menindaklanjuti dengan mengirimkan surat peringatan kepada perusahaan,” tandasnya.

Bagi perusahaan yang yang tidak merespon surat peringatan selama 3 kali berturut – turut dapat dijatuhkan sanksi berupa pembatalan/pencabutan izin perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi unit Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal (BPKPM) RI di jalan Jendral Gatot Subroto 44 Jakarta 12190 atau fax/telepon (021) 5225839, 5225836, dan 5275268 atau email : Ikpm@bkpm.go.id atau DPM-PTSP Provinsi dan DPM-PTSP Kabupaten/Kota dimana proyek penanaman modal berlokasi.

-