REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

​BPOM Razia Toko Kosmetik Di Sungailiat

04 Mei
17:14 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Badan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Polda Babel, Polres Bangka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan razia produk kosmetik di toko Purnama atau Goliong, di pasar Sungailiat, Rabu (03/05/2017).

Dalam razia, Badan POM menyita puluhan kosmetik berbagai merk yang sudah kadaluarsa serta kosmetik tanpa izin edar untuk dibawa ke Badan POM sebagai barang bukti.

Menurut Kepala Pengujian Pangan dan Bahan Berbahaya Badan POM Provinsi Babel, Iswadi mengatakan razia ini sebelum telah dilakukan di sejumlah toko kosmetik yang ada di daerah ini dengan tujuan melakukan penertiban terhadap penjualan kosmetik tanpa izin edar.

"Dalam giat ini kita bekerja sama dengan Polda Babel, Polres dan Dinas Kesehatan untuk melakukan penertiban terhadap kosmetik tanpa izin edar,"ujarnya.

Sementara itu, untuk di Sungailiat sendiri pihaknya sudah bergerak sejak kemarin dan menemukan beberapa produk kosmetik yang dijual tanpa izin edar.

"Ini hari kedua yang mana untuk hari kedua ini hasilnya lebih banyak dari pada kemarin," katanya.

Menurut Iswadi, pemilik toko Purnama ini dapat dijerat dengan Undang Undang Kesehatan sesuai dengan pasal 197 yaitu mengedarkan farmasi tanpa izin edar.

"Yang pasti kita akan gelar terlebih dahulu di kantor dan rencananya akan kita naikkan ke tahap penyidikan,"katanya.

Ditambahkannya, tak hanya produk kosmetik yang dijual di pasaran saja turut dalam pengawasan Badan POM, akan tetapi produk kosmetik yang dijual secara online juga ikut dalam pengawasan Badan POM.

"Yang di jual online juga kita undercover dan ada beberapa produk kita amankan karena dijual tanpa izin edar," katanya. (mau)

-