REPORTASE BANGKA

​Bawaslu Babel Bentuk Timsel Panwas 7 Kabupaten Dan Kota

BAWASLU BABEL BAWASLU BABEL
13 Juni
16:47 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Badan pengawas pemilihan umum provinsi kepulauan bangka belitung, resmi membentuk tim seleksi panwas kabupaten/ Kota.

Panwas 7 Kabupaten-Kota se Bangka Belitung yang akan terbentuk, nantinya akan bertugas selama 2 tahun hingga selesainya pileg dan pilpres 2019 mendatang.

Timsel (Tim Seleksi) yang berisikan akademisi diketuai oleh Iskandar Zulkarnain, Dwi Haryadi, Masmuni Mahatma, dan Renati, akan bertugas melakukan seleksi calon anggota panwas Kota/Kabupaten.

Ketua timsel Iskandar Zulkarnain, menegaskan bahwa panwas kali ini berbeda dengan priode sebelumnya.

"Pada priode sebelumnya, panwas hanya bertugas selama 9 bulan. Panwas yang terbentuk ini nantinya akan bertugas sekurangnya selama 2 tahun, dan akan mengawal tahapan Pilkada Kota/Kabupaten 2018 serta Pileg dan Pilpres 2019,bahkan kemungkin masa jabatan akan mengalami penyesuaian baik dari jumlah anggota maupun masa jabatan sesuai undang-undang yang disahkan DPR RI," jelasnya.

Terpisah Sekretaris timsel Dwi Haryadi, menyebutkan persyaratan umum bagi calon anggota Panwas adalah usia minimal 30 tahun.

"Selain itu pendidikan minimal S1, berdomisili di Kabupaten dan Kota masing-masing dengan dibuktikan dengan KTP serta tidak terlibat partai politik selama 5 tahun," terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Babel Bagong Susanto menyebutkan bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 15 tahun 2011 pasal 70 menyebutkan, Panwas harus sudah terbentuk minimal 1 tahun sebelum tahapan pemilihan umum.

"Sesuai undang-undang tersebut, kita bergerak cepat membentuk timsel untuk melakukan rekruitmen calon Panwas di Kota maupun Kabupaten," singkat Bagong.

Bagi calon anggota Panwas, pendaftaran dilaksanakan mulai Senin 12 Juni sampai 17 Juni 2017, untuk pengambilan formulir pendaftaran dan pengembalian bisa langsung datang ke kantor Bawaslu Babel, atau melalui website babel.bawaslu.go.id. (knt)

-