REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi 140 Ribu Rupiah

20 Juni
11:15 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Harga daging sapi di wilayah Kecamatan Pemali, Puding Besar dan Bakam diprediksi para pedang menjelang Idul Fitri 1438 H teringgi Rp 140 ribu/kg. Hal itu diungkapkan para pedagang kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID ) Kabupaten Bangka, Rabu (14/6) ketika melakukan pemantauan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Hegeinis Air Ruai Pemali.

Hal serupa juga diungkapkan pedagang di Puding Besar Samsiar yang memperediksi stok daging akan cukup tersedia jelang Idul Fitri. Harga daging sapi saat ini Rp 120 ribu/kg, sedangkan daging ayam antara Rp 30 ribu – Rp 33 ribu/kg serta daging ayam bulat Rp 28 ribu/kg.

Untuk komoditi beras persedian cukup tersedia dengan harga stabil yakni untuk TR 15 kg Rp 163 ribu/karung, RM 15 kg Rp 163 ribu/karunf, RM 10 kg Rp 117 ribu/karung, RM 5 kg 55 ribu/karung, dan 118 10 kg Rp 117 ribu/karung. Selain itu telur ayam Rp 1.300/ butir di Pasar Hegeinis Air Ruai, sedangkan di Bakam Rp. 1.350/butir.

Menurut Hery pedagang di desa Bakam, kenaikan harga Rp 50 baru satu hari ini terjadi, sebelumnya Rp 1.300/butir. "Distribusi barang dari distributor di Pangkalpinang cukup lancar belum pernah terjadi stok barang kosong di Bakam," jelasnya.

Komoditi lainnya saat memasuki puasa dan menjelang Idul Fitri tidak terjadi kenaikan seperti gula pasir Rp 12 ribu/kg, terigu Rp 10 ribu/kg, kacang tanah Rp 24 ribu/kg, kacang hijau Rp 20 ribu/kg dan kacang kedelay Rp 10 ribu/kg.

Kesempatan itu Kasubag Perekonomian pada Bagian Perekonomian dan ESDM kabupaten Bangka Sirajudin menjelaskan, harga beras memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran saat ini terjadi penurunan harga di Pemali, Puding Besar dan Bakam antara Rp 1000 – Rp 2000.

Penurunan harga juga terjadi pada komoditi bawang putih sebelumnya Rp 50 ribu/kg turun menjadi Rp 35 ribu/kg.

Diharapkannya harga barang kebutuhan pokok hingga mendekati Idul Fitri tetap stabil, semoga distribusi barang tetap lancar sehingga tidak terjadi kelangkaan dipasaran.

TPID Kabupaten Bangka yang dikoordinir Bagian Perekonomian dan ESDM Setda Bangka bersama OPD terkait sudah melakukan pemantauan harga memasuki puasa dan menjelang Idul Fitri 1438 H di 5 kecamatan meliputi Belinyu, Riau Silip, Pemali, Puding Besar dan Bakam.

Sedangkan tiga kecamatan yang tersisa yang juga akan dilakukan pemantauan meliputi Sungailiat, Merawang dan Mendo Barat.

-

Lainnya di Ekbis
  Pengrajin Kopiah Resam

Anyaman Resam Menopang Ekonomi Keluarga

REPORTASE, Sungailiat - Kreativitas dan ketekunan akan sering mendatangkan keuntungan dari sisi ekonomi. Lina (34) warga Desa Kapuk, Kecamatan Bakam, yang dapat menopang ekonomi keluarganya dari kreativitas dan ketekunan mereka...

Baca Selengkapnya