REPORTASE BANGKA

Ini Harapan Bupati Bangka Terhadap Mahasiswa UBB

20 Agustus
01:58 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat menerima mahasiwa Universitas Bangka Belitung ( UBB ) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Kabupaten Bangka.

Serah terima 341 orang mahasiswa dilakukan dari Wakil Rektor UBB Fadilah Sobri kepada Bupati Bangka Tarmizi Saat berlangsung, Selasa (18/7) di ruang Bangka Bermartabat Kantor Bupati Bangka.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan para mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan sehingga dapat melaksanakan tugas yang telah dibuat para dosen pembimbing.

“ Saya minta para mahasiswa dapat turut serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Bangka diantaranya Burahtuhiri, perburuan orang tua hidup sendiri,” harap Tarmizi.

Dijelaskannya, mahasiswa yang melakukan KKN untuk mendata di wilayah desa bila ada orang tua hidup sendiri, yang nantinya data tersebut akan dipergunakan guna memberikan bantuan untuk para orang tua tersebut.

“ Nanti akan diberikan bantuan berupa sembako itu dari saya, yang menyerahkan bantuan para mahasiswa,” ujarnya.

Selain itu dukungan yang diharapkan para mahasiswa yakni terhadap program Pemerintah Kabupaten Bangka diantaranya dalam mendata terkait dengan Program Bunaktuslah, perburuan anak putus sekolah, Bumilristi yakni ibu hamil beresiko tinggi dan program lainnya.

“ Dulu saya minta UBB mebuat kantin kelas mahasiswa namun belum juga dibuat, nasinya banyak tapi tidak mahal,” ungkap Tarmizi.

Menurut Bupati dengan adanya kantin murah dapat membantu para mahasiswa yang sebagian merupakan anak kos – kosan, karena ia merasakan saat menjadi mahasiswa di Yogyakarta dahulu yakni dengan adanya kantin dengan harga murah akan sangat membantu.

Dijelaskannya, Pemkab Bangka akan terus mendukung kegiatan KKN mahasiswa UBB, untuk tahun mendatang kegiatan KKN tema kegiatan akan dibuat Pemerintah Bangka seperti yang dilakukan mahasiswa UGM Yogyakarta yang saat ini sedang KKN di desa Kimak.

“ KKN merupakan kegiatan yang tidak terlupakan dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, karena itu KKN sangat penting bagi mahasiswa karena banyak ilmu yang didapat,” tambah Tarmizi.

Sementara itu Wakil Rektor UBB Fadillah Sobri mengatakan, KKN merupakan pengalaman penting bagi mahasiswa untuk mengetahui hakikat dalam pemberdayaan diri kepada masyarakat

“ Para mahasiswa adalah harapan bangsa, KKN yang diselenggarakan untuk ke 13 kalinya ini diharapkan dapat memberikan suatu pencerahan dan berbeda dengan KKN lainnya,” ungkapnya.

Diharapkan Fadilah para mahasiswa jangan suka membanding – bandingkan kampus UBB dengan kampus yang lain, jangan berharap banyak dengan orang lain tapi bagaimana caranya para mahasiswa harus sadar diri, bagaiman kehadiran ditempat KKN untuk memberikan yang terbaik untuk kabupaten Bangka melalui KKN ini.

Dijelaskannya, untuk tahun 2017 ini kabupaten Bangka merupakan wilayah yang terbanyak peserta KKN yang diikuti mahasiswa UBB, dari seluruh KKN yang sudah dilakukan berada di 7 wilayah meliputi Kelurahan Rambak, Rebo. Matras, Kuday, Balonijuk, Air Duren dan desa Kemuja.

“ Kalau kita benar – benar melaksanakan program – program yang telah buat dosen pembimbing , maka tidak ada yang tidak bisa melaksanakan kegiatan pembangunan di daerah ini,” kata Fadillah Sobri.

Acara serahterima mahasiswa UBB yang akan melakukan KKN selama 1 bulan lebih di kabupaten Bangka juga dihadiri para dosen pembimbing dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka. (kus)

Tags :

-