REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

PKK Bangka Dukung Program Pemda Bangka

20 Agustus
02:07 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangka, Hj. Mina melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di 3 kelurahan di Kecamatan Sungailiat, Rabu (19/7/2017).

Dalam Monev di Kelurahan Kuday, Kelurahan Sungailiat, dan Kelurahan Sri Menanti, Hj. Mina bersama dengan anggota PKK Kabupaten Bangka melakukan monitoring dan evaluasi tentang 10 program pokok PKK serta menyampaikan bahwa PKK adalah mitra Pemda Bangka dengan mendukung program yang dilaksanakan Pemda Bangka untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka.

‘’PKK Bangka adalah mitra Pemda Bangka dan mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Bangka,’’ungkah Hj. Mina.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Bangka menyampaikan beberapa program Pemda Bangka dalam kepemimpinan Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat dan Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah yakni BUNAKTUSLAH, BURATUHIRI, BUMILRESTI, dan SEMARI.

BUNAKTUSLAH adalah program Pemda Bangka untuk melakukan perburuan anak-anak putus sekolah, hal ini juga termasuk dalam 10 program pokok PKK yang berhubungan dengan Pokja 2. Oleh karena itu para kader-kader PKK baik yang ada di kelurahan, Lingkungan atau RT wajib mencari anak yang putus sekolah.

‘’Apa sebabnya anak itu putus sekolah? Selain itu juga Pola Asuh Anak dan Remaja, ini juga termasuk tanggung jawab kita bagaimana cara mengasuh dari anak hingga remaja supaya tidak terjerumus dalam narkoba dan hal negative lainnya,’’ujar Hj, Mina.

Untuk program BURATUHIRI yaitu Perburuan orang tua yang hidup sendiri, hal ini juga tanggung jawab kita bersama, kelurahan, kaling dan RT wajib mencari BURATUHIRI ini. Apabila ditemukan wajib melaporkannya ke kelurahan lalu ke Dinsos Pemdes dan dibuat rumah layak huni yang juga merupakan salah satu program Pokja 3 PKK Bangka.

Dikatakan Ketua TP PKK lagi, program BUMILRESTI yakni Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi yang sejalan dengan program Pokja 4 PKK Bangka, dimana Pokja 4 berkaitan dengan kesehatan.

‘’Selain BUMILRESTI juga ada test IFA dimana masyarakat kita khususnya di kabupaten Bangka sangat minim sekali melakukan test IFA yang mana tes tersebut berguna untuk mencegah terjadinya kanker rahim,’’jelas Hj. Mina.

Untuk program SEMARI yaitu sedekah lima ratus sehari yang mana kegiatan ini adalah kegiatan sosial yang juga sejalan dengan program PKK yaitu Pokja 1. Sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten bangka, PKK juga bisa menjadi mitra pemerintah yang menyampaikan program-program pemerintah melalui ibu PKK serta kader-kadernya.

(kus)

Tags :

-