REPORTASE BANGKA

Ribuan Pohon Magrove Ditanam di Pesisir Pantai

20 Agustus
02:15 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Menjaga alam Bangka Belitung supaya tetap hijau dan terhindar dari kerusakan, Yayasan Ikebana bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka, serta didukung oleh PT Timah Tbk, dan PT. PLN (Persero) melakukan penanaman pohon Magrove di Pesisir Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka, Sabtu (22/7/17). Sebanyak 15 ribu pohon magrove ditanam yang dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Erzaldi Rosman Djohan, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Hj. Melati Erzaldi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten, pelajar, mahasiswa, dan lainnya.

"Kita tanam hari ini sebanyak 2.500 pohon magrove, sebelumnya telah kita tanam 12.500 oleh masyarakat dan pencinta lingkungan dengan luas areal tanam 1,5 hektar," ungkap Ervawi, selaku ketua Yayasan Ikebana.

Dikatannya, kegiatan ini merupakan salah satu cara Ikebana selaku pencinta lingkungan untuk menjaga kelestarian dan mengembali kerusakan pesisir pantai.

"Kita reklamasi kembali dengan mengandeng banyak pihak seperti hari ini," katanya.

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat di sela-sela kegiatan mengatakan sangat mendukung kegiatan penghijauan ini untuk menjaga kelestarian alam akibat adanya penambangan dan lainnya.

"Sesuai dengan visi misi kitalah, menjaga kelestarian lingkungan supaya tetap hijau dan kembali hijau," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Erzaldi Rosman Djohan dalam sambutannya mengharapkan kegiatan penanaman pohon Magrove di Pesisir Pantai Rebo ini bisa terus dijaga dan menjadi aset untuk mendukung pariwisata.

"Kita pemerintah provinsi akan bantu nantinya sebesar Rp 500 juta untuk mempercantik pantai ini, nanti bisa dibantu toilet dan juga pemberdayaan masyarakat Kenaga dan sekitarnya, seperti pembuatan kue dan lainnya," katanya.

Selain itu juga, orang nomor satu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mengharapkan untuk membuat perencanaan yang dikaitkan dengan wisata.

"Kita bisa selfie, HP jangan lupa dibawa, dan bisa kita promosikan daerah kita seperti pantai Rebo ini, sehingga bisa dikenal luas masyarakat," katanya.

Harapan pemerintah lanjut gubernur dengan adanya produktivitas besar dan diharapkan ekonomi akan tumbuh dan berkembang.

"Kita siap bantu pokoknya untuk kesejahteraan dan kemudahan masyarakat, apalagi CSR juga harus bisa diberikan kepada yang berhak menerimanya," katanya.

Selain penanaman pohon bakau, juga diberikan santunan kepada 50 orang anak dari Kenanga, Tanjung Ratu dan Rebo dan dilakukan juga halal bi halal yang dihadiri oleh masyarakat, termasuk juga camat, lurah, kepala desa yang ada di Kabupaten Bangka.

(kus)

Tags :

-





Lainnya di Reportase Babel