REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Sungailiat Raih Piala Adipura Kesembilan

20 Agustus
02:23 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia akan segera memberikan penghargaan Adipura bagi tiga kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ketiga kota tersebut yakni Kota Sungailiat Kabupaten Bangka, Kota Koba Kabupaten Bangka Tengah dan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Untuk Kota Sungailiat, penghargaan Piala Adipura ini merupakan kali kesembilan setelah beberapa tahun terakhir ini tidak mendapatkan penghargaan di kategori bidang kebersihan lingkungan. Kota Sungailiat pernah meraih Piala Adipura tahun 1997, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009,2010 dan 2013.

Untuk tahun 2012 Sungailiat hanya meraih sertifikat Adipura Untuk menyambut anugerah itu, Pemerintah Kabupaten Bangka, Kamis menggelar rapat koordinasi mengenai penyambutan Piala Adipura, Kamis (27/7/17) di Kantor Bupati Bangka di Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penghargaan Piala Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan Piala Adipura ini diberikan oleh oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup bagi kota yang masuk kategori dan indikator untuk menerima anugerah yang peduli lingkungan.
Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bangka beberapa tahun belakangan ini hingga sekarang terus berupaya sinergi dengan elemen masyarakat dan stakeholder lainnya dalam menggalakkan kebersihan dan pengelolaan lingkungan baik dalam Kota Sungailiat maupun lainnya. Hal itu rutin dilakukan pegawai dan masyarakat dalam gerakan Jum'at Bersih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meinalina memang optimis dalam upayanya selama ini hingga Sungailiat bisa meraih Piala Adipura di Tahun 2017 ini. Alasan itu karena kondisi Kota Sungailiat mempunyai peluang yang sangat besar untuk meraih kembali Piala Adipura.

Meinalina selain mengungkap syukur menerima Adipura, dia berharap perilaku hidup bersih bisa membudaya di masyarakat dan terus dipertahankan, jangan berhenti dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Terus dan tingkatkan menjaga kebersihan lingkungan, walaupun kita menerima atau tidak Piala Adipura, masyarakat juga harus peduli lingkungannya, sampah dan lainnya," kata Meinalina.

Kedepan Meinalina juga berharap kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan semakin meningkat sehingga tidak kerepotan lagi dalam menangani masalah lingkungan ini.

Sementara itu, Dosy salah satu pegawai Pemkab Bangka mengaku sangat bangga dengan akan diraihnya penghargaan Piala Adipura ini untuk Kota Sungailiat.

"Saya sebagai warga Sungailiat dan Kabupaten Bangka sangat bahagia karena kota tercinta ini bisa kembali meraih Piala Adipura. Semoga. Kita bisa terus mempertahankannya, dan terus meningkatkan kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan," ungkap Dosy yang selalu aktif ikut serta dalam Gerakan Jumat Bersih.


(kus)

Tags :

-