REPORTASE BANGKA

Peserta Karnaval Bangka, Usung Tema Gotong Royong

27 Agustus
02:50 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Karnaval di Kabupaten Bangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia banyak diwarnai dengan tema lebah dan semut yang melambangkan kerjasama dan semangat gotong royong dan kebersamaan. Hampir semua sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas bahkan umum memberikan penampilan dengan mengambil tema binatang lebah dan semut.

Menurut kepala sekolah dasar negeri 10 Sungailiat, Asilawani mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya mengambil binatang lebah karena lebah sangat terkenal dengan kebersamaan dan saling berbagi.

"Kita ambil semangat itu, karena lebah jika bekerja bersama-sama dan saling dukung, itu filosofinya untuk kita dalam mengisi pembangunan ini," ungkap Asilawani.

Selain lebah dan semut, banyak peserta karnaval tingkat Kabupaten Bangka yang mengambil tema tentang perjuangan dan sejarah bangsa serta juga program-program strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka.

Menurut Bupati Bangka H. Tarmizi Saat di sela- sela kegiatan pawai karnaval mengatakan ketigapuluh delapan program Pemkab Bangka seperti Bunaktuslah, Buratuhiri, Bumilristi, Semari, Rumah Layak Huni dan lainnya banyak sudah diketahui oleh masyarakat bahkan sekolah-sekolah, organisasi masyarakat, PKK, dan lainnya banyak mengambil tema yang berkaitan dengan program Pemkab Bangka.

"Banyak disosialisasikan, dan saya juga terus melakukannya bersama FKPD Bangka dan OPD Bangka dengan memberikan kuis kepada masyarakat yang menyaksikan pawai dan karnaval ini, jawab kuis, dapat hadiah dari saya dan lainnya," kata bupati.

Diakui orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, bukan hanya tugas pemerintah saja dalam mensosialisasikan program strategis Pemkab Bangka, namun dirinya berharap semua masyarakat dapat melakukannya dan bisa menikmatinya juga.

"Bukan hanya kita sebagai aparat, namun unsur lain juga, seperti pelajar, dan lainnya, karena program yang dibuat tersebut untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Selain itu juga, mantan Sekda Bangka ini berharap semua stakeholder dapat lebih maksimal melakukan program strategis Pemkab Bangka ini dan mengintegrasikannya di lapangan secara menyeluruh.

"Kalau tidak diketahui masyarakat, ya percuma, jadi kita harus gerak cepat juga seperti yang dilakukan Perisden Jokowi dan diharapkan dapat kerja bersama dan bekerja sama yang saya sebutkan dalam quaterhalic yakni akademisi, bussiness, community, Development dan Government," harapnya.

Kegiatan Karnaval Tingkat Kabupaten Bangka dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dilepas langsung oleh Bupati Bangka H. Tarmizi Saat di Jalan Pemuda menuju jalan Sudirman dan finis di Terminal Sungailiat. Sebanyak :ampir 200 peserta mengikuti pawai karnaval yang terdiri dari non kendaraan dan kendaraan dari berbagi sekolah, kantor, ormas, desa, kecamatan dan lainnya.


Tags :

-