REPORTASE BANGKA

Idul Adha, Pasar Sembako Murah Taman Sari Diserbu Masyarakat

27 Agustus
03:00 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah terus mengantisipasi mengenai stok dan harga kebutuhan pokok sehingga tidak memberatkan masyarakat. Upaya ini dilakukan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perdagangan kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar Fasilitasi Pasar Murah Bahan Kebutuhan Pokok, Sabtu (26/8/17) di Lapangan Taman Sari Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu juga penyediaan stok Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Distributor Bahan Kebutuhan Pokok seperti melalui Bulog, hypermart, dan juga distributor lainnya.

Berbagai bahan kebutuhan pokok mulai dari beras, gula pasir, terigu, minyak goreng, bawang merah dan putih, serta bombay, cabe merah besar maupun kecil, dan bahan kebutuhan pokok lainnya termasuk daging beku tersedia dan diburu para pembeli yang datang ke Lapangan Taman Sari Sungailiat. "Alhamdullilah ada pasar sembako murah ini, bisa menghemat uang dan bisa membeli yang lainnya, karena disini harganya miring," ungkap Ros Agus, warga Lingkungan Nangnung Sungailiat yang datang membeli beras dan gula.

Diakui Ros, dengan adanya pasar sembako murah yang dilaksanakan pemerintah ini, dirinya merasa terbantu dengan kondisi harga yang sekarang ini cukup tinggi di pasaran. "Kalau bisa rutin dilakukan, jangan hanya mau lebaran idul fitri atau idul adha saja, sehingga kita masyarakat kecil ini tidak terlalu berat juga," katanya Ros yang sudah janda dan mempunyai tiga orang anak ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Aryani ditemui di sela-sela pasar sembako murah mengungkapkan, tujuan diselenggarakan Fasilitasi Pasar Murah Bahan Kebutuhan Pokok ini yang menggunakan dan dekonsentrasi dari Kementerian Perdagangan ini adalah untuk menstabilkan harga dan juga untuk membantu masyarakat sehingga bisa meringankan ekonomi keluarga.

"Ini momennya menjelang hari raya Idul Adha dan pemerintah berupaya membantu masyarakat yang mau membeli sembako dengan harga miring dari pasar," ungkap Riza.

Diakui Riza, untuk harganya, dirinya mengatakan Fasilitasi Pasar Murah Bahan Kebutuhan Pokok ini menggunakan harga distributor dan berbedalah dari pasar. "Sekarang ini ada beras jenis 118, beras KTJ, minyak goreng, bumbu-bumbu, tepung terigu, gula pasir, daging beku, dan lainnya, semua harganya agak miring, intinya barang sembilan bahan pokok dan barang-barang ritel dari Hypermart, dan Giant juga," katannya.

Selain itu juga Riza mengungkapkan selain di Kabupaten Bangka, kegiatan ini juga dilakukan di Kabupaten Bangka Tengah, dan Pangkalpinang juga. Dilanjutkan Riza lagi kepada masyarakat untuk dapat bijak dalam berbelanja. "Kegiatan ini membantu masyarakat untuk belanja bijak dan bisa bekerjasama dengan teman-teman yang lain seperti Bank Indonesia selaku pengendali inflasi dan kerjasama dengan CSR dari perusahaan lainnya sehingga meringankan beban masyarakat," harap Riza.

Kedepan Riza juga mengingatkan kepada masyarakat untuk membeli keperluan barang seperlunya, dan belanja dengan tertib dan stoknya banyak. "Belinya dengan bijak, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, serta jadilah konsumen yang cerdas dan teliti sebelum membeli lihat kadarluarsanya, lihat kemasannya, dan lainnya," pesan Riza.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka , Thony Marza menyebutkan, kegiatan ini upaya pemerintah membantu masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok.

"Hari ini kita kerjasama dengan provinsi, dan kita juga ada kegiatan Pasar Sembako Murah yang disubsidi Pemkab Bangka dengan menukarkan kupon seharga Rp 116.000,- mendapatkan beras, minyak dan gula pasir di berbagai desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bangka. Selain itu juga, Bupati Bangka juga membantu dengan memberikan secara gratis paket sembako dan uang juga dengan syarat menjawab pertanyaan dari Bupati Bangka," ungkap Thony di sela-sela kegiatan di Lapangan Taman Sari Sungailiat.

Tags :

-







Lainnya di Reportase Babel
  Reportase

Kapolri Kunjungi Pasar Murah Dan Pengobatan Gratis Di Alun-Alun Taman Merdeka

REPORTASE, Pangkalpinang - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal (Pol) Muhammad Tito Karnavian melakukan kunjungan ke Provinsi Bangka Belitung, Jumat (4/8/2018). Ini adalah kunjungan yang pertama sejak dirinya dilantik menjadi Kapolri.Kapolri...

Baca Selengkapnya