REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

​Di Babel Roda Dua Jadi Kebutuhan Pokok

20 Oktober
17:16 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Kasubdit Regident Dit Lantas Kepolisian daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung Ajun Komisaris Besar (AKB) Norul Hidayat mengatakan dalam sebulan pertumbuhan kendaraan roda dua di Babel mencapai 2000 unit.

"Berdasarkan jumlah penduduk, ada peningkatan jumlah kendaraan khususnya roda dua, perbulan itu mencapai 2000 unit, sedangkan untuk mobil setiap bulanya 500 unit," jelas Norul.

Dalam setahun, pertumbuhan sepeda motor mencapai 24.000 unit dari berbagai merk, sementara, kendaraan roda empat atau mobil mencapai 6000 unit.

"Kalau saya tidak salah, jumlah sepeda motor kita yang ada saat ini kurang lebih 200 ribu unit, terbanyak berada di Pangkalpinang," ujarnya.

"Untuk pertumbuhan sepeda motor juga demikian, masih Pangkalpinang, disususl Kabupaten Bangka," ungkapnya.

Menurutnya, salah satu faktor pertumbuhan sepeda motor di Babel, karena sebagai kebutuhan pokok.

"Babel ini, kalau tidak ada kendaraan sulit kemana-mana, makanya sepeda motor menjadi kebutuhan pokok untuk beraktifitas sehari-hari," tutur Norul.

Pertumbuhan kendaraan di Babel, berbanding lurus dengan tingkat kesadaran masyarakat berlalulintas.

"Jika pertumbuhan sepeda motor meningkat, sudah pasti berdampak terhadap tingginya permintaan SIM, terlebih anak-anak muda yang sudah berusia 17 tahun," terangnya.

Bukan itu saja, pertumbuhan kendaraan ini juga, di utarakan Norul berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak kendaraan bermotor.

"Kalau jumlah motornya meningkat, sudah pasti PAD dari Pajaknya pun meningkat, tetapi data berapa besarnya ada di Bakueda," tambah Norul.(rnd/red)

Tags :

-