REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

​Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Babel Genjot Pariwisata dan Lada

20 Oktober
17:39 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung, pemerintah genjot pembangunan Pariwisata dan Lada.

Hal tersebut diutarakan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan usai Rapat Koordinasi bersama Bupati/Walikota Se Provinsi Babel di Hotel Tanjung Pesona Bangka, Jum'at (20/10/2017).

"Ada 9 program strategi yang kita sepakati diantaranya adalah ‎penguatan BUMDES, pembentukan koperasi primer, resi gudang, pariwisata, persiapan menjadi tuan rumah kontak tani Nasional, integrasi sapi sawit, bantuan bibit lada dan sapi, perda RZWP3K, dan perda tentang jamkrida," jelas Erzaldi.

Dari 9 Program tersebut, hanya dua yang menjadi fokus utama yakni Pariwisata dan Lada dalam hal ini resi gudang. 2 program ini sangat tepat sekali untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian Babel.‎

"Kita bersyukur sekarang ini angka pertumbuhan ekonomi kita meningkat dari 4,8 persen menjadi 5,2 persen, makanya kita fokus kembali meningkatkanya di tahun 2018 melalui pariwisata dan lada," tegasnya.

Sekarang target kita pariwisata untuk provinsi. Kita minta daerah mempersiapkan even pariwisata nanti akan kita masukan dalam kalender kita, seperti Di Bangka ada Sungailiat Triatlon, ada MXGP, Granprix Bandinton.

"Semakin banyak kita menyelenggarakan even-even pariwisata baik sekala nasional maupun internasional sudah pasti akan menggerak pertumbuhan perekonomian di Babel," lanjut Erzaldi.

Sedangkan untuk lada, pada November tahun 2018 nanti Resi Gudang akan di realisasikan, termasuk dengan penyediaan 4 juta bibit lada.

"Sekarang ini harga lada terbang bebas, nanti kita akan cari buyer, kalau mereka mau beli lada kita Rp.100 ribu perkilo, akan kita kunci, dengan begitu kita akan beli semua lada dari petani, lalu kita simpan dalam gudang," jelas Mantan Bupati Bangka Tengah.

"Untuk dana nya, sudah ada beberapa Bank yang siap, seperti BJB, Bank Sumsel Babel dan BRI," pungkas dia.

Erzaldi juga mengapresiasi, hadirnya seluruh Bupati dan Walikota di Provinsi Bangka Belitung dalam rakor tersebut.(rnd/red)

-