REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

​PLN Dukung Objek Wisata di Belitung

penyerahan bantuan CSR senilai total 310 juta rupiah di Aula kantor PLN Area Belitung penyerahan bantuan CSR senilai total 310 juta rupiah di Aula kantor PLN Area Belitung
20 Oktober
18:56 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Bangka Belitung bantu pengembangan objek wisata berbasis masyarakat di 5 desa wisata di Belitung dan Belitung Timur.‎

"Kelima desa yang mendapatkan bantuan melalui program Corporate Social Responbility adalah Desa Wisata Keciput, Tanjong Tinggi, Terong, Sijuk dan kawasan Wisata Batu Mentas," jelas Manajer teknik PLN Wilayah Bangka Belitung, Eko Mulyo HW, Jum'at (20/12017).

Komunitas desa wisata keciput merupakan kawasan pengembangan dan penangkaran tukik.

Sementara untuk komunitas Kebal desa wisata Tanjong Tinggi di sana pengunjung dapat berjalan kaki melakukan tracking mangrove dengan spot foto yang indah pada bagian akhir bernama hati yang terdampar.

"Nah untuk Desa wisata terong menawarkan kawasan wisata yang tak kalah menarik. Pengunjung dapat menikmati paket wisata berupa tanam dan panen sayur, makan bedulang, outbond, dan camping," ujarnya.

Jika pengunjung ingin menikmati keindahan susur mangrove di sore hari menggunakan perahu sambil melihat matahari terbenam, dapat berkunjung ke kawasan desa wisata Sijuk. Di sana terdapat juga masjid Al Ikhlas yang merupakan masjid tertua di Belitung, didirikan tahun 1817.

"Terakhir, di Belitung Timur, hendaklah mampir ke kawasan wisata Batu Mentas, untuk melihat keunikan hewan endemik Belitung, Tarsius Bancanus Saltator," urainya.

Ini merupakan bentuk dukungan nyata PLN dalam pengembangan pariwisata di pulau Belitung.

“Saat ini kondisi kelistrikan di pulau Belitung sudah surplus, PLN mendukung pariwisata Belitung baik melalui kesiapan listrik maupun program-program CSR,” kata Eko.

Dalam melaksanakan program CSR, PLN menurutnya, senantiasa menggandeng segenap stakeholder terkait.

"Saat ini Belitung memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) di Tanjung Kelayang dan kawasan tata kelola destinasi wisata yang ada di Kecamatan Sijuk dan Tanjungpandan. Adanya bantuan CSR PLN ini, kita harapkan mampu menyiapkan komunitas-komunitas dan desa-desa yang ada menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi. Sehingga nantinya dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat." harapnya.‎ (rnd/red)

Tags :

-

Lainnya di Ekbis
 

Jika Temuan ICW Benar, Royalti untuk Daerah Makin Besar

REPORTASE, Pangkalpinang - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengindikasikan ada kecurangan dalam praktik pertambangan dan penjualan timah hingga menyebabkan hilangnya nilai perdagangan yang ditaksir mencapai Rp 68,9 triliun.Menanggapi hal itu, Sekretaris...

Baca Selengkapnya