REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

PLN Sambung Listrik Bawah Laut dari Sumatera

24 Oktober
10:05 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Gubernur Bangka Belitung menyambut baik dan mendukung Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Babel yang berencana akan menyambungkan listrik dari Pulau Sumatera ke Muntok, Kabupaten Bangka Barat melalui jaringan bawah laut sepanjang 36 KM.

"Kalau bisa berjalan, karena sangat membantu pertumbuhan ekonomi, suplai dari Sumatera bisa 400 Mega Watt, kita berharap ada investasi yang lebih baik di Babel," jelas Gubernur Babel Erzaldi Rosman usai menerima audiensi dengan PT. PLN Babel, Senin (23/10/2017).

Gubernur juga meminta agar PLN memberi ruang bagi investor untuk berinvestasi listrik di Babel, yakni PLTS 50 Mega Watt.

‎"Sehubungan strategi memanfaatkan energi terbaru, PLN untuk terima investasi PLTS 50 MW, kita ingi yang green mengandalkan energi PLTS," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT. PLN wilayah Babel Susiana Mutia meminta dukungan Gubernur dalam pemasangan kabel bawah laut ini, agar di kawasan pemasangan kabel tidak ada aktivitas pertambangan.

"Kami minta dukungan dan izin terkait kabel laut, kami sudah punya izin dinas ESDM, dan laut sekitar tak boleh ada pertambang," tegas Suciana.

Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN Babel, Rhino Gumpar menambahkan, rencana kabel bawah laut ini sudah selesai kajian, tinggal finalisasi, diperkirakan 2019 akhir kabel laut akan beroperasi.

"Bisa mensuplai daya 400 Mw bisa impor, dengan panjang 36 kilometer, dari Tanjung api-api dan langsung poin di Muntok," ujarnya.

Pertumbuhan listrik di Babel dua kali mengalami pertumbuhan dari pertumbuhan nasional 2,3 persen sementara Babel tumbuh 5,81 persen.

"Tarif industri luar biasa tumbuh 40 persen tahun ini, bisnis juga bagus tumbuh 12 persen, dii rumah tangga melakukan penghematan tetap tumbuh tapi negati, hal ini dikarenakan teknologi semakin baik, alat semakin modern dan perilaku semakin hemat," tambah Rhino. (rnd/red)

-