REPORTASE BANGKA

120 Pendonor Darah Raih Penghargaan dari Bupati Bangka

26 Oktober
00:58 WIB 2017

REPORTASE, Suangailiat - Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi Saat, MM, menyerahkan penghargaan dan bingkisan kepada 120 pendonor darah sukarela yang aktif dalam mendonorkan darahnya pada kegiatan pelantikan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Se Kabupaten Bangka dan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke -72 di Gedung Wanita, Jalan Pemuda, Sungailiat, Sabtu (16/9/2017).

Bupati Bangka dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi khusus kepada para pendonor darah aktif yang secara sukarela mendonorkan darahnya karena dirinya pada waktu sakit dulu merasakan pentingnya darah dan para pendonor darah dimana dirinya setiap 2 minggu harus menerima 4 kantong darah selama 3 bulan.

"Alhamdulillah saya sudah sehat dan sekarang ini saya banyak membantu masyarakat karena berkat doa masyarakat dan rahmat Allah SWT saya bisa sehat kembali," ungkap Bupati Bangka.

Dikatakan Bupati Bangka lagi, dalam pengelolaan darah di PMI sebaiknya dibuat suatu system yang mana akan mudah dalam mencari darah yang berisikan data pendonor serta pengurus PMI kecamatan se Kabupaten Bangka harus terus diperhatikan karena mereka melakukan pekerjaan dengan sukarela.

Pada tahun 2018 juga harus disiapkan ahli khusus transfuse darah dan juga alat transfuse darah tidak hanya ada di RSUD Sungailiat tetapi juga harus ada di setiap Puskesmas rawat inap di Kabupaten Bangka serta Rumah Sakit di Belinyu sehingga dalam pelayanan kepada masyarakat bisa cepat dilakukan.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor darah. Kepada pengurus PMI Kecamatan Teruslah berbakti kepada nusa bangsa dan saya sendiri juga tidak bisa bekerja sendiri karena dalam membangun harus dilakukan bersama-sama mulai dari akademisi, pengusaha, masyarakat, dan pemerintah yang amanah," jelas Bupati Bangka.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Bangka, Hj. Elsye Lastari, dalam sambutannya mengatakan, dalam kurun waktu 72 tahun, PMI menghadapi banyak tantangan, hambatan, dan rintangan yang mana saat ini PMI semakin tegar dan matang dalam menghadapi bencana, konflik, dan persoalan social yang melanda masyarakat.

Aksi kemanusiaan dapat diwujudkan dalam penanganan bencana, masalah kesehatan, donor darah, pelestarian lingkungan serta perubahan iklim. PMI yang telah berusia 72 tahun terus terus melakukan aksi kemanusiaan dengan menggerakkan generasi muda dan kalangan remaja.

"Melalui tema Membangun Masyarakat tangguh, PMI mengajak seluruh masyarakat untuk terus peduli dengan melakukan aksi-aksi kemanusiaan. Kepada para pendonor darah sukarela kami ucapkan terima kasih yang tulus dan kepada PMI Kecamatan se Bangka terus menunjukkan aksi-aksi kemanusiaan di masyarakat," tutur Ketua PMI Bangka.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Penggerak PKK Bangka, Hj. Mina, Asisten Administrasi Umum, H. Akhmad Mukhsin, para kepala OPD Pemda Bangka serta para tamu undangan lainnya.

-