REPORTASE BANGKA

Petani Pemkab Bangka Gelar Asah Terampil

26 Oktober
01:10 WIB 2017

REPORTASE, Suangailiat - Menambah pengetahuan dan wawasan yang luas dalam bisang pertanian, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bangka menyelenggarakan Asah Terampil Tingkat Kabupaten Bangka.

Kegiatan yang diikuti Gapoktan dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, yakni Sungailiat, Pemali, Bakam, Puding Besar, Merawang, Mendobarat, Belinyu dan Riau Silip dibuka langsung Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Selasa (19/9/17) di Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan asah terampil ini menjadi salah satu barometer pemerintah daerah Kabupaten Bangka tentang kemajuan dan keterampilan petani mengenai pertanian, perkebunan dan ketahanan pangan di Kabupaten Bangka.

"Kita ingin asah terampil ini menjadi wadah bagi petani untuk lebih meningkatkan kemampuan dan bisa melihat sejauh mana petani mengetahui tentang sektor pertanian sesuai dengan ilmu dan juga keterampilan.

Sementara itu, Awaludin selaku Sekretaris Dinas Pertanian yang mewakili kepala dinas mengungkapkan kegiatan asah terampil ini merupakan wadah untuk menambah pengetahuan dan wawasan dan juga meningkatkan tali silahturahmi antar petani.

"Kita coba ketangkasan para petani kita untuk menambah wawasan dan pengetahuan petani di bidang pertanian, dan lainnya," kata Awalludin.

Kegiatan asah terampil ini soalnya terdiri dari teori dan praktek yang harus dijawab oleh petani. Dan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat memberikan 30 pertanyaan seputaran pertanian dan juga pembangunan di Kabupaten Bangka. Untuk pemenang lomba asah terampil tahun 2017 tingkat Kabupaten Bang, juara pertama diraih Kecamatan Sungailiat, juara kedua diraih Kecamatan Belinyu dan ketiga diraih kecamatan Puding Besar.

-







Berita Terkait
 

Petani di Babel Masih Minim Ikut Asuransi

REPORTASE, Pangkalpinang - Minat para Petani di Pulau Bangka dan Belitung masih minim untuk mengasuransikan lahan pertanian dan hewan ternaknya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung Toni...

Baca Selengkapnya
Lainnya di Reportase Babel