REPORTASE BANGKA

Kepala Desa Harus Tahu Kondisi Desanya

26 Oktober
01:14 WIB 2017

REPORTASE, Suangailiat - Menjadi kepala desa merupakan salah satu motor penggerak untuk kemajuan perekonomian desanya.

"Menjadi kepala desa harus tahu segala kondisi di desanya, istilahnya, daun jatuh sehelai juga dari pohonnya harus tahu," ungkap bupati, Rabu (20/9/17) di Merawang.

Dikatakan mantan sekda Bangka ini, menjadi kepala desa harus penuh tanggung jawab dan bisa menjadi contoh bagi masyarakatnya. "Kades harus paham kondisi keuangan desa, masyarakatnya, termasuk juga potensi yang harus digali untuk kemajuan desa," katanya.

Untuk itu, penggunaan anggaran baik itu dari APBN, APBD dan ADD harus jelas peruntukkannya. "Bisa dikelola dengan baik, nama untuk lampu jalan desa, mana untuk jalan setapak, mana untuk bangunan lainnya sehingga jelas arah dananya dan bisa dimanfaatkan dan dirasakan masyarakat," katanya.

Untuk itu, kepala desa membuat laporan terkait apa yang menjadi dinamika di desanya. "Data yang putus sekolah harus jelas, yang hidup sendiri juga, ibu hamil, rumah tidak layak huni, yang tidak punya jamban dan lainnya harus didata lengkap dan lapor ke pemda, nanti akan ditindak lanjuti," katanya.

Untuk itu, kedepan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini ingin desa-desa di Kabupaten Bangka bisa maju dan semakin berkembang. "Kreatif dan gali potensi desa, membangun itu dari desa," katanya.

-

Berita Terkait
  Bupati Bangka di pembibitan Lada

Bupati Bangka Tinjau Tiga Desa di Puding Besar

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka Tarmizi Saat melakukan kunjungan kerja di tiga desa di wilayah kecamatan Puding Besar pada Kamis (16/2/2017). Tiga desa yang dikunjungi Bupati Bangka meliputi desa Tanah...

Baca Selengkapnya
Lainnya di Reportase Babel