REPORTASE BANGKA

Produk UMKM Bangka jadi Prioritas


26 Oktober
02:31 WIB 2017

REPORTASE, Suangailiat - Terkait dengan rencana akan masuknya pasar retail modern seperti Alfamart dan lain sebagainya, Bupati Bangka H, Tarmizi Saat menegaskan untuk sekarang ini dirinya belum memberikan izin untuk mendirikan jaringan waralaba tersebut, dikarenakan akan menggiatkan produk lokal dan UMKM yang ada di Kabupaten Bangka.

“Untuk sekarang ini saya belum memberikan izin, gak kalau nantinya, “ ungkap bupati, Jumat (20/10/17) usai mengikuti Rapat Koordinasi Gubernur bersama bupati/walikota se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat Bangka.

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut menuturkan kembali, kurang setujunya untuk hadirnya jaringan waralaba di Kabupaten Bangka, diakuinya karena batin sempat berkecamuk juga.

“Mereka telah datang kepada sayan namun saya balik bertanya kontribusi untuk daerah apa, yang diberikan kepada masyarakat apa juga, jadi saya minta waktu ditunda dulu, “ tegas bupati.

Dikatakan mantan Sekda Bangka itu, pihak jaringan waralaba bisa mendirikan pasar atau martnya di Kabupaten Bangka, namun harus menjual produk yang dipunyai Kabupaten Bangka atau Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

“Saat ini belum lah, saya takut UMKM di Bangka ini bisa mati, karena masyarakat yang berjualan kelontong itu harus kita pikirkan, saya belajar dari Kabupaten Kulon Progo, karena Kulon Progo tersebut menggunakan produk lokalnya sendiri, mulai dari air sendiri, beras sendiri, batik sendiri, dan lainnya semua berasal dari Kulon Progo dengan menggiatkan UMKMnya,” ungkap bupati.

Untuk itu, dirinya berharap masyarakat kabupaten Bangka bisa menghasilkan produk yang bisa menjadi andalan dan bisa menjadi andalan desa dan kabupaten.

“Jangan nanti menoton, retail bisa masuk, sekarang alam terbuka, tetapi dengan persyaratan tertentu, dan hal ini disetujui juga oleh gubernur, untuk sekarang kita tunda dulu, kita kaji mana yang terbaik nantinya, kita tidak anti modernisasi, dan saya harapkan juga masyarakat aktif dan jangan jadi penonton,” katanya.

Sementara itu juga terkait adanya pasar modern seperti Supermarket modern yang ada di Pangkalpinang, bupati menegaskan dirinya untuk sekarang ini tidak mengizinkan untuk membukanya di Kabupaten Bangka.

“Belum mengizinkan untuk dibuka itu, namun jika orang lokal membukanya silahkan, orang orang luar saya tidak setuju, kita lakukan pembangunan ini secara bertahap,” tukas bupati.

-

Lainnya di Reportase Babel
 

Jelang Porprov 2018, Wabup Bangka Audiensi dengan KONI

REPORTASE, Sungailiat - Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Rustamsyah melakukan audiensi dan silahturahmi dengan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka untuk menyatukan semangat meraih prestasi terbaik di ajang Pekan...

Baca Selengkapnya