REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

SPGDT PSC 119 Bangka Dipuji Juri IRSA 2017

26 Oktober
03:02 WIB 2017

REPORTASE, Suangailiat - Pemerintah Kabupaten Bangka masuk dalam 5 (lima) besar untuk program Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun 2017. Untuk itu berbagai upaya dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka sehingga bisa menjadi terbaik, salah satunya dengan mengandalkan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT Public Safety Centre (PSC) 119 untuk penanggulangan gawat darurat terpadu di jalan raya.

"Pasca kecelakan, kita ada SPGDT PSC 119 dengan sistem android, dan dapat menolong masyarakat dengan waktu kurang dari delapan menit sudah ada di lokasi kejadian," ungkap Bupati Bangka H. Tarmizi Saat.

Selain itu juga, SPGDT PSC 119 ini merupakan salah satu unit pelaksana yang terintegral, karena bukan hanya masalah penanggulangan darurat, juga masalah kebakaran, banjir dan lainnya.

"Yang penting itu, quaterhalic yang menjadi dasar utama kita untuk bekerja, mulai dari akademisi, pelaku usaha, masyarakat dan juga pemerintah, harus saling bersinergi," katanya.

Program SPGDT PSC 119 milik Kabupaten Bangka ini diakui juga oleh salah satu juri dr. Budi Sylvana, MARS, Kasubdit Pelayanan Gawat Darurat Terpadu Kementerian Kesehatan. Budi yang pernah datang ke Kabupaten Bangka ini memberikan apresiasi tinggi, karena baru Kabupaten Bangka yang menerapkan PSC 119 secara terpadu. "Baru di Kabupaten Bangka yang menerapkan PSC 119," katanya.

Diungkapkan Budi, di Kabupaten Bangka itu, tidak ada yang terlantar di jalanan dan hal tersebut sudah ia buktikan sendiri ketika datang ke Kabupaten Bangka.

"Saya sangat memuji dan angkat jempol untuk Pemerintah Kabupaten Bangka ini, semoga bisa menjadi yang terbaik nantinya.selain itu juga, Masa Orientasi di sekolah seperti di SMP dan SMA tidak ada lagi, namun diganti dengan pengenalan sekolah dan lingkungan serta diajarkan tentang pertolongan pertama atau P3K dan kerohanian," kata Budi.

SPGDT PSC 119 Pemerintah Kabupaten Bangka merupakan salah satu inovasi dari Kabupaten Bangka yang telah meraih banyak prestasi dan diakui oleh nasional maupun internasional.

"PSC 119 ini mendapatkan TOP 35 Sinovik di Kota Surabaya, dan merupakan salah satu inovasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dengan aplikasi berbasis android, dan pernah diundang dalam city week di Amerika Serikat tahun 2016 yang lalu. Selain itu juga pernah masuk Health Forum, " kata bupati.

Pemkab Bangka sekarang ini sudah masuk dalam lima besar dalam penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun 2017. Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi dan penghargaan terhadap kabupaten / kota terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan jalan kerjasama antara majalah SWA dan Adira Insurance.

Tujuan dilaksanakan program ini untuk mengetahui dan memperoleh feedback terkait penerapan keselamatan jalan di lingkungan pemerintah kabupaten/kota. Selain itu juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kota dan kabupaten yang menerapkan manajemen keselamatan jalan yang baik dan memberikan inspirasi dan role model bagi pemerintah kabupaten lain tentang pelaksanaan manajemen keselamatan jalan yang baik. Juga untuk mendorong penerapan keselamatan jalan yang semakin baik dari waktu ke waktu di Indonesia.

-

Lainnya di Reportase Babel