REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Lanal Babel Transplantasi Terumbu Karang Pulau Ketawai

Lanal Babel dan KNPI Transplantasi Terumbu Karang Pulau Ketawai Lanal Babel dan KNPI Transplantasi Terumbu Karang Pulau Ketawai
27 Oktober
09:04 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Pangkalan TNI angkatan laut (Lanal) Provinsi Bangka Belitung dan Komite Nasional Pemuda Indonesia Babel melaksanakan transplantasi terumbu karang di kawasan Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka tengah, Kamis (26/10/2017). Kegiatan itu bertujuan untuk mendukung program pemerintah republik indonesia yang menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Selama ini kegiatan kami terpusatkan di darat, namun kali ini KNPI Babel dengan kepengurusan baru, mencoba melakukan kegiatan dilaut, sebagai bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah RI , yang mengharapkan maritime sebagai poros Indonesia," jelas Muhammad Irham Ketua KNPI Babel.

Menurutnya, kegiatan Transplatasi terumbu karang merupakan trobosan baru KNPI Babel dalam memperingati hari sumpah pemuda. "Dalam Kegiatan ini, kita ajak TNI Al, Basarnas, BUMN, Perusahaan Swasta yang selama ini berkecimpung dilaut serta pemerintah daerah," katanya.


Sementara itu, Lanal Babel Letkol Laut Iwan Kuswanto menjelaskan, kegiatan transplantasi terumbu karang ini dalam rangka HUT Lanal Babel dan Sumpah Pemuda.

"Kami memilih kegiatan transplantasi karang, karena provinsi Babel sebagian besar wilayahnya adalah perairan," tegas Lanal Babel.

Dengan diadakan transplantasi karang ini, diharapkan akan tercipta spot diving yang baru buat wisatawan.

"Kegiatannya yakni penaman beton yang berbentuk rumah, diharapkan ke depannya akan menjadi tempat karang, sehingga menjadi daya tarik wisatawan berwisata laut ke Babel," ujarnya.

Dirinya juga mengimbau agar Nelayan dalam mencari ikan tidak menggunakan alat - alat yang bisa merusak karang. (knt/red)

-