REPORTASE BANGKA

 Latest Headlines
   

Polda Babel Launching SIM Goes To Island

Launching SIM Goes To Island di Polda Babel Launching SIM Goes To Island di Polda Babel
31 Oktober
10:53 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung launching Program SIM Goes To Island, Selasa (31/10/2017). Kegitan itu untuk membantu masyarakat di Pulau agar dapat memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Program SIM Goes To Island merupakan konsep kepolisian proaktif untuk daerah-daerah terpencil khususnya pulau," jelas Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jendral (Brigjen) Saiful Zachri.

Melalui Program SIM Goes To Island ini diharapkan dapat memeratakan pelayanan terhadap masyarakat di daerah-daerah terpencil khususnya di pulau kurang tersentuh.

"Kita hadir proakfif menyambangi masyarakat pulau, selama ini pelayanan belum sama, nah dengan SIM Goes To Island ini pelayanan di pulau dapat di samakan dengan di pusat kota," kata Kapolda.

Dengan begitu, masyarakat pulau dapat memahami arti pentingnya berlalu lintas, di samping itu dapat menekan angka Laka lantas yang ada di pulau.

"Kita harapkan, program SIM Goes To Island ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat pulau terhadap lalulintas, sehingga dapat mengurangi angka Laka lantas," ujarnya.

Kapolda menambahkan, selain louncing Program SIM Goes To Island, Polda juga akan menggelar Operasi Zebra Menumbing 2017 yang melibatkan 300 personil gabungan.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Babel Ajun Komisaris Besar (AKB) Dwi Asmoro mengatakan, untuk mengatasi kebutuhan SIM di Pulau, Polda menyediakan dua unit mobil SIM keliling.

"Nanti dua mobil SIM keliling ini mobile ke pulau-pulau, ya dalam sebulan setidaknya 10-15 kali masuk pulau, tapi tetap berkoordinasi dengan Polsek dan Pemdes di Pulau tersebut," tegas Dwi.

Selama ini, masyarakat pulau kalau mau buat SIM dan urus perpanjangan SIM selalu ke Polres-Polres terdekat, tapi sekarang dengan adanya SIM Goes To Island mereka tidak usah repot lagi SIM Mobil keliling kita akan ke pulau.

"Mereka tinggal ke mobil SIM kita untuk urus SIM dan Perpanjang, jadi tidak usah repot ke kota, atau polres,"ungkap dia.‎

Dwi menyebutkan, kalau di persentasekan kemungkinan 60 persen masyarakat pulau sudah memiliki SIM,. "Kan mereka sering ke Kota, jadi saya rasa sekitar 60 persen masyarakat pulau sudah ada SIM," ujarnya.

SIM Goes To Island sendiri akan hadir di pulau Pongok, Celagen, Lepar, Penutuk dan Selat Nasik.‎ (rnd/red)

-