REPORTASE BANGKA

Perlindungan Pasien dan Keluarga Dengan Team Code Blue

13 November
01:35 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungailiat terus berbenah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terkait dengan telah dilakukan akreditasi, Direktur RSUD Sungailiat, dr. Jasminar mengatakan, tujuan dari dilakukan kegiatan akreditasi untuk memberikan pelayanan yang baik dan juga memberi keselamatan kepada pasien.

"Kita berusaha dan berupaya untuk melindungi pasien, dan hal ini mutlak dilakukan," kata dr. Jasminar, Senin (6/11/17) yang lalu di Kantor Bupati Bangka. Diuraikan dr. Jasminar, di RSUD Sungailiat ini telah dilakukan survei oleh tim dan tinggal menunggu hasilnya untuk akreditasi ini.

"Salah satu cara untuk memberikan perlindungan dan keselamatan pasien salah satunya dengan adanya persyaratan adanya team code blue di rumah sakit," ungkapnya.

Team Code Blue ini lanjut dr. Jasminar akan memberikan penanganan cepat jika terjadi sesuatu di sekitar lingkungan RSUD Sungailiat, seperti ada kasus serangan jantung, kebakaran, penculikan anak. Untuk itu jika terjadi seperti kejadian tadi di sekitar rumah sakit, team code blue siap memberikan tanggapan cepat dan bantuan hidup dasar.

"Bantuan hidup dasar ini harus dikuasai seluruh staf di rumah sakit, seperti ada serangan jantung di parkiran rumah sakit, petugas parkirnya atau keamanan yang melihat harus sudah bisa memberikan bantuan hidup dasar, sambil meminta pertolongan kepada tim inti untuk menangani itu datang," jelasnya.

Dikatakan dr. Jasminar lagi, semua team code blue RSUD Sungailiat sudah diberikan pelatihan dan mengikuti workshop dan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat juga ikut andil dalam pelaksanaan workshop.

"Jadi sebelum workshop, kita semua telah mendapatkan pelatihan, dan narasumber kita seorang dokter anastesi dari rumah sakit umum provinsi, jadi workshop ini untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah diberikan narasumber," terangnya.

dr. Jasminar menjelaskan juga sampai saat ini ada tiga team code blue di RSUD Sungailiat yang ditempatkan di IGD, ICU, dan di OK. "Jadi masing-masing tim mempunyai satu dokter dan perawat yang terlatih untuk penanganan kasus-kasus yang terjadi di rumah sakit," katanya.

Kedepan dr. Jasminar berharap dengan semakin baiknya fasilitas di RSUD Sungailiat, dirinya berharap pelayanan di RSUD Sungailiat semakin baik dan penanganan cepat serta pelayanan prima bisa diraih.

"Semoga masyarakat juga semakin puas dengan pelayanan yang diberikan RSUD," harapnya. (kus)

-