REPORTASE BANGKA

Bupati Minta Guru Jaga Kesehatan

01 Desember
00:07 WIB 2017

REPORTASE, Sungailiat - Bupati Bangka H. Tarmizi Saat meminta kepada guru dan tenaga pendidik untuk dapat menjaga kesehatan.

"Menjadi guru itu tidak mudah, dan harus luas hatinya, apalagi masalah kesehatan, harus dapat dijaga, karena lama berdiri dan duduk juga ketika memberikan pelajaran di sekolah," ungkap bupati, ketika menjadi pembina memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-72 tahun, Sabtu (25/11/17) di Halaman Kantor Bupati Bangka.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut, seorang guru harus bisa tampil prima dalam mengajar, karena itu faktor kesehatan sangat menunjang sehingga bisa fokus dan selalu bugar dalam proses belajar mengajar.

"Kurangi minum kopi dan tes manis itu, banyak minum air putih saja selama di sekolah," sarannya.

Selain itu juga, mantan sekda Bangka ini mengharapkan juga kepada guru dan tenaga pendidik ini dapat menjaga bentuk tubuhnya. "Yang gendut dikurusin sedikit biar lincah dalam bergerak dan tetap bugar," katanya.
Untuk itu bupati mengharapkan adanya kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Kesehatan dalam menjaga kesehatan guru.

"Cek setiap kesehatan terutama guru, perlu ada kerjasama juga antara Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, dapat diberdayakan puskesmas di kecamatan untuk dapat turun ke sekolah-sekolah," katanya.

Diakuinya sekarang ini masih banyak guru yang menderita sakit, sehingga tidak bisa mengajar dan memberikan ilmunya untuk generasi muda. "Sekarang juga masih ada yang sakit, cuci darah dan lainnya guru kita ini, saya harapkan ada bentuk perhatian untuk guru kita ini, jaga kesehatan, pola makan juga, namun yang terpenting hati harus ikhlas dan tidak ada beban dalam menjalani profesi guru ini," ujar bupati.

Kedepan juga mantan sekda Bangka ini berharap adanya perhatian dari tim anggaran untuk dapat memprioritaskan fasilitas yang sifatnya kepentingan umum, terutama bagi daerah yang jauh dari pusat kota untuk memudahkan guru dan anak didik dalam menjalankan proses belajar mengajar, seperti jalan, dan lainnya.

"Sana arah Bintet, Labuh Air Pandan dan lainnya, harus dipriorotaskan jalannya untuk memudahkan guru dalam mengajar," katanya.

-





Lainnya di Reportase Babel