REPORTASE BANGKA

IC Siregar: Kehadiran Para Legal Bisa Hindari Peradilan Sesat

Paralegal yang dilantik Ketua umum PDKP Babel Paralegal yang dilantik Ketua umum PDKP Babel
07 Desember
17:59 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Lahirnya UU Nomor 16 Tahun 2011 Tentang bantuan hukum memberikan peran bantuan hukum tidak hanya dalam ruang lingkup litigasi kepada advokat, tetapi dapat pula dilakukan oleh masyarakat sipil (paralegal) dibawah naungan suatu lembaga atau Organisasi Bantuan Hukum (OBH).

Sebagai bentuk sambutan positif atas kepedulian akan sulitnya akses bantuan hukum bagi masyarakat buta hukum, Pusat Dukungan Kebijakan Publik (PDKP Bangka-Belitung) melakukan pelantikan kepada lebih dari belasan para legal yang tersebar di pelosok Desa di Bangka-Belitung, pada Kamis (7/12/2017)

Pelantikan para legal yang dilaksanakan di Hotel Puncak Pangkalpinang ini dihadiri perwakilan dari Kanwil Hukum dan HAM Bangka Belitung, Biro Hukum Provinsi Bangka Belitung, Biro Hukum Kabupaten Belitung Timur dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kabid pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM IC Siregar menyambut baik apa yang dilakukan OBH PDKP Babel. "Sebagi mitra dari Kanwil Hukum dan HAM Babel ini suatu terobosan dan cita-cita luar biasa dimana nantinya masyarakat di daerah terpencil akan bisa mengakses hukum," jelasnya.


Ditambahkan pria asal Sumatera Utara ini, kehadiran para legal sebagai penyeimbang aparat hukum. "Dengan adanya para legal yang sebelumnya telah dilatih oleh PDKP setidaknya ada perimbangan antara Polisi dan unsur penegak lainnya, ini penting untuk menghindari peradilan sesat", ujar IC Siregar.


Terpisah Ketua Umum PDKP Babel Ibrohim, SH mengatakan bahwa kehadiran paralegal akan sangat membantu pelayanan bantuan hukum yang diberikan PDKP. "Masyarakat akan semakin mudah dalam mendapat pelayanan bantuan hukum dimana nantinya akan berdiri pos bantuan hukum di setiap Desa, sehingga penerima layanan kami bisa berkonsultasi langsung dengan paralegal", kata Ibrohim.


Sementara itu, salah satu para legal senior Jhon Ganesha mengatakan pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat. "Kita ketahui bersama hadirnya UU Bantuan Hukum memberikan peran yang besar dalam penegakan hukum, dimana paralegal merupakan perpanjangan tangan dari advokat," imbuh alumni Universitas Sriwijaya ini.

Disesi acara penutupan pelantikan, paralegal diberikan kartu identitas paralegal PDKP Babel untuk dapat memberikan bantuan hukum sebagai syarat administratif dalam memberikan pendampingan hukum. (kentung)

-