REPORTASE BANGKA

Aksi Bela Palestina, Ribuan Umat Muslim Pangkalpinang Turun Ke Jalan

15 Desember
20:56 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Ribuan umat Islam dari berbagai elemen masyarakat dan organisasi keagamaan menggelar aksi Bela Palestina di depan Masjid Jamik, Pangkalpinang, Bangka Jumat Sore (15/12/2017). Mereka menolak pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait Ibu Kota Israel di Yerusalem.

Pantauan reportasebangka.com tampak peserta aksi demo melakukan long march seusai shalat Ashar dari Masjid Jamik, melalui Jalan Sudirman dan berahir kembali di Masjid Jamik. Sepanjang jalan, peserta aksi meneriakkan takbir dan berorasi menentang pernyataan Presiden AS.

Secara bergantian peserta aksi dari berbagai elemen dan organisasi keagamaan ini berorasi di mimbar mobil yang telah disediakan.

Amrin Gani dari Dewan Mesjid Indonesia menyatakan, Palestina adalah negeri bersejarah umat Islam sedunia. Untuk itu, semua umat Islam harus menyelamatkan tanah Palestina dari cengkraman kaum zionis Israel, yang ingin menguasai tanah suci Al-Quds.

"Meski jauh dari Palestina, tapi kita umat Islam tetap bersama rakyat Palestina, memperjuangkan kemerdekaannya", ujarnya.

Sementara menurut Koordinator Aksi Aditia dari KAMMI mengatakan, aksi ini adalah bentuk solidaritas sesama muslim bagi bangsa Palestina.

"Kami mengutuk ucapan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyatakan Yerusalem merupakan ibukota dari Israel, kita ketahui bersama Al-Quds adalah tanah suci yang warisan dari sahabat Nabi Muhammad, SAW," ucap Aditia.

Peserta aksi Bela Palestina tidak saja di ikuti oleh umat muslim di Pangkalpinang, bahkan seorang warga Palestina Syach Amar Al Qolam juga mengikuti aksi damai ini.

"Konflik Israel dan Palestina begitu panjang, terimakasih Pangkalpinang, terimakasih umat muslim yang telah mendoakan kami kami yakin teriakan takbir akan mengalahkan Yahudi Israel," pungkasnya.

Aksi yang berakhir pada pukul 17.30 sore, berlangsung tertib dan aman. Terlihat anggota dari Polres Pangkalpinang mengawal aksi ini, sementara Satuan Lalulintas mengatur arus lalu lintas yang dilewati para demonstran. (Kentung)

Tags :

-

Lainnya di Reportase News