REPORTASE BANGKA

Jelang Natal Dan Tahun Baru Polres Pangkalpinang Gelar Rakor Lintas sektoral

21 Desember
00:09 WIB 2017

REPORTASE, Pangkalpinang - Kepolisian Resor Pangkalpinang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Lilin Menumbing 2017 menghadapi perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018 di Aula Anton Sujarwo, Rabu (20/12/2017).

Kapolres Pangkalpinang AKBP Noveriko Alfred Siregar menyampaikan, rapat koordinasi lintas sektoral bertujuan menyamakan persepsi dengan semua element terkait pengamanan menjelang natal 2017 dan tahun 2018.

"Saya berharap koordinasi seluruh pihak dapat berperan aktif dalam Oprasi Lilin Menumbing 2017 dalam memberikan pelayanan dalam perayaan Natal dan tahun baru", ujar Noveriko.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, pihaknya meminta semua unsur yang terlibat dalam pengamanan, membantu terlaksananya cipta kondisi yang lebih baik. Sehingga momen Natal dan pergantian tahun berjalan lancar, aman dan tertib.

"Semua unsur yang terlibat nantinya untuk berkordinasi membantu dilapangan untuk pengamanan," ujarnya.

Sedangkan dalam pemaparan yang disampaikan Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Raspandi mengatakan Polres Pangkalpinang siap mengamankan Natal dan Tahun Baru

"Rangkaian pengamanan khususnya ibadah di Gereja sudah kami lakukan sejak tanggal 19 Desember kemarin, ini akan kami terus lakukan hingga tanggal 2 Januari 2018 akan datang", pungkasnya.

Ditambahkan Raspandi, pihaknya akan mengamankan 73 objek pengamanan dengan mendirikan 3 posko pengamanan dan posko pemantauan.

"Dari 73 objek pengamanan tersebu terdapat 41 Gereja di Kota Pangkalpinang yang nantinya pengamanan ibadah akan melibatkan unsur gereja, sedangkan objek lainnya sepertu THM (Tempat Hiburan Malam) objek wisata juga akan ditempakan personil", ujarnya.

Terpisah dalam rakor juga dibahas potensi gangguan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru, hal ini langsung disampaikan Kasat Intelkam Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra.

"Kita telah melakukan meping terhadap terhadap tempat-tempat ibadah, juga termasuk tempat hiburan malam termasuk ada beberapa THM yang mengajukan izin keramaian", ungkap Adi Putra.

Ditambahkan Kasat Intelkam, untuk menghindari adanya sweping dalam perayaan Natal pihaknya akan mengantisipasi hal tersebut "sampai saat ini, kami masih memantau aktivitas dari ormas yang termasuk radikal", ucapnya.

Gangguan teroris dan acaman lainnya juga di paparkan dalam rapat lintas sektoral yang berlangsung selama 2 jam ini.

"Termasuk adanya tahanan teroris di Bangka, juga 15 simpatisan ISIS yang baru pulang dari Suriah intinya kita sudah melakukan antisipasi", ujar Adi Putra.

Pantauan reportasebangka.com tampak rapat antara sektoral dihadiri unsur Muspida, BMKG, Dinas Perhubungan, Pramuka dan undangan lainnya. (kentung)

-