REPORTASE BANGKA

​Sambangi Pangkal Arang, Udin Akan Berdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah

01 Maret
01:27 WIB 2018

REPORTASE, Pangkalpinang - Calon Walikota Pangkalpinang, Profesor Saparudin atau sering disapa Udin menyampaikan pentingnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi perekonomian Kota Pangkalpinang.

Hal ini disampaikan, calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut dua (2) ketika berkampanye di Pangkal Arang, Kecamatan Pangkal Balam Rabu (28/2/2018) Sore.

"Dari pagi sampai siang tadi, saya bersama Pak Edison Taher berkeliling Pangkal Arang dan berbicara bersama warga, saya lihat banyak usaha sekala IRT (Industri Rumah Tangga) seperti pengelolaan hasil laut," ujar Saparudin.

Dikatakan Udin, seperti produk ikan asin akan mampu bersaing di dengan produk-produk makanan sejenis.

Nantinya, UMKM di Pangkalpinang ini akan dibina bagaimana cara membuat packing (kemasan) hingga produk-produk yang di hasilkan dari Pangkal Arang ini akan memiliki nilai jual lebih.

"Bahkan ikan asin yang ibu-ibu jual tidak hanya dijual di pasar tradisional bahkan bisa menembus pasar moderen, bila di kelolah secara baik seperti packing dan lainnya akan berdampak pada nilai jualnya. ," jelas Udin.

Disampaikan Udin, jika dirinya mendapatkan amanah bersama Edison Taher dirinya akan menyusun program kerja dari usulan masyarakat

"Dak jadi (Tidak Boleh) Walikota menyusun program dari keinginan pribadi, pemimpin harus tahu apa yang di butuhkan masyarakat agar nantinya setiap kebijakan dapat dirasakan langsung manfaatnya," terang Udin.

Pada pertemuan tersebut Udin juga memaparkan program kerja pengetasan pengangguran di Kota Pangkalpinang.

"Saat ini angka pengangguran mencapai angka 11 ribu, kedepan untuk mengatasi permasalahan tersebut kami akan menciptakan 7000 lapangan kerja baru, dan saat ini sudah dibangun pabrik zicron/elminete di kawasan Ketapang yang mampu menyerap tenaga kerja," Terang Udin.

Sementara itu, Sadisman mempertanyakan janji pemerintah yang akan membangun Dok Kapal serta akan mengeruk alur pelabuhan nelayan Pangkal Arang.

"Insyaallah akan kita koordinasikan dengan pemerintah propinsi terkait permasalahan ini, saya tidak mau janji tapi saya akan buktikan jika saya terpilih nanti untuk membenahi Pangkalpinang," singkat Udin. (Kentung) 

-