REPORTASE BANGKA

Warga Binaan Rutan Muntok Budidaya Lele


09 Maret
23:02 WIB 2018

Reportaswbangka. Com, Muntok - Budidaya ikan lele dengan sistem bioflok menjadi salah satu improvisasi dan inovasi yang dilakukan Cabang Rutan Muntok, sebagai upaya program pembinaan bagi warga binaan Cabang Rutan. Hal ini dikatakan

Kepala Cabang Rutan Muntok, Zulfikri Amd.IP, SH. M.Si kepada wartawan mengatakan, Jumat 9/3/2018 diruang kerjanya."Budidaya dengan sistem tersebut mulai dikembangkan di Cabang Rutan Muntok, dimulai dengan penebaran benih ikan lele sebanyak 2000 ekor," ujar Zulfikri.

Dijelaskan Zulfikri, sistem bioflok merupakan suatu teknologi untuk kuantitas dan kualitas ikan lele yang tinggi, meskipun lahan yang kita miliki terbatas. Sistem tersebut memanfaatkan kayu yang dibuat bujur sangkar kemudian dilapisi terpal tebal sehingga berbentuk kolam.

Zulfikri menambahkan, pemberdayaan terhadap warga binaan terus dilakukan oleh pihak Cabang Rutan Muntok sebagai bentuk reintegrasi dan rehabilitasi sosial agar setelah bebas nanti, warga binaan bisa menjadi orang yang berguna, produktif dan bermanfaat ditengah masyarakat. "Kita akan ajarkan bagaimana cara memelihara ikan lele yang baik dan benar meskipun di lahan yang terbatas, kegiatan positif ini, saya yakin akan mampu membuka lapangan kerja baru khususnya di Kabupaten Bangka Barat ini, " papar Zulfikri

Salah satu warga binaan Cabang Rutan Muntok, Suwandi merasa senang. "Sebelum masuk sini, saya tidak tahu yang namanya membuat barang barang kerajinan, budidaya lele, bertani dan ketrampilan lainnya. Selama 1,5 tahun jadi penghuni sini, saya bisa membuat barang barang kerajinan tangan, budidaya lele, "ujar warga binaan tindak pidana penadahan ini (Alif)

Tags :

-

Lainnya di Reportase Babel