REPORTASE BANGKA

​Udin-Edison Janji Perhatiakan Nelayan Sinar Bulan


28 Maret
14:04 WIB 2018

REPORTASE, Pangkalpinang - Calon Walikota dan wakil Walikota Pangkalpinang nomor urut dua (2) Prof. Saparudin MT.PhD bersama Drs. Edison Taher melakukan kampanye dialogis di Kelurahan Sinar Bulan, Selasa (27/3/2018) Sore.

Berbagai keluhan disampaikan warga saat bertemu Udin dan Edison. Seperti, permasalahan bantuan perahu nelayan dan bantuan modal usaha ketika tidak melaut.

"Warga disini banyak nelayan pak, kami terkadang ingin sekali memperbaiki kapal kami tetapi terkendala modal dan bagaimana solusi bapak ketika cuaca tidak bersahabat sehinga nelayan sering berbulan-bulan tidak melaut," ujar Tini warga setempat.

Menjawab pertanyaan tersebut, guru besar Universitas Sriwijaya ini langsung merespon dengan berjanji akan memperhatikan keluhan Nelayan.

"Program yang kami susun adalah program kerakyatan, yang jelas kami persiapkan untuk masyarakat kecil, terutama nelayan tetap kami prioritaskan," terangnya.

Profil Udin juga membenarkan bagaimana kondisi nelayan saat ini. Kondisi cuaca yang tidak menentu dan penghasilan yang berkurang harus disikapi dengan rasa optimis.

"Betul apa yang dikeluhkan tersebut, kita tidak bisa mengelak, misalnya faktor cuaca, dalam setahun hanya berapa bulan saja nelayan bisa melaut, selebihnya menganggur," ungkapnya.

Maka dari itu perlu ada sebuah alternatif pekerjaan yang harus dipilih oleh sebagian nelayan untuk menyikapi kondisi tersebut. Prof Udin katakan, beberapa program disiapkan seperti pelatihan untuk menjadi pelaku UMKM.

"Ada beberapa alternatif unruk membantu perekonomian keluarga pada saat suami tidak melaut, seperti usaha pengolahan hasil laut membuat kemplang, getas dan usaha lainnya, nanti pemerintah akan membantu," jelas Udin.

Selain itu, program bantuan untuk nelayan akan dilaksanakan jika Udin-Edison terpilih nanti. Dan Udin-Edison berjanji akan memperhatikan nasib nelayan.

"Kami mendengar apa yang dikeluhkan nelayan, ada yang mengeluh soal kapalnya yang sudah tidak layak lagi, kita akan bantu dan doakan kami," tegas Udin. (Kentung)

Tags :

-

Berita Terkait