REPORTASE BANGKA

Udin - Edison Kembangkan UMKM Lewat Sentra UKM

24 April
12:36 WIB 2018

REPORTASE, Pangkalpinang - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pangkalpinang mulai menggeliat. Melihat hal itu, perlu adanya dukungan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk UMKM.

Hal tersebut diungkapkan Calon Walikota nomor urut Dua (2) Profesor. Saparudin MT.PhD dan Calon wakil walikota Drs.H.Edison Taher saat menyapa warga di Kelurahan Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Senin (23/4/2018)

Udin mengatakan upaya pengembangan UKM di antaranya dengan pemusatan UKM sesuai dengan jenis-jenisnya. Sentra-sentra UKM ini dinilai sangat membantu dalam pengembangan bisnis UKM.

"Setiap satu kelurahan akan kita kembangkan satu UMKM yang akan mengeluarkan satu produk unggulan di kelurahan tersebut, jadi nantinya akan ada 42 produk unggulan yang akan kita pasarkan hingga keluar daerah,” Kata Udin di hadapan ratusan warga Bukit Merapen.

Menurutnya, pengembangan UMKM adalah salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan. “Insya Allah saya dan Pak Edison akan mendorong pengembangan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Senada dengan Udin, calon wakil wali kota Edison Taher juga menginginkan adanya pemusatan produk-produk dari wirausahawan di Kota Pangkalpinang. Sebab, potensi produk hasil warga Kota Pangkalpinang sangat banyakn dan potensial untuk dikembangkan.

"Saat kamu natak (berkunjung)"sudah banyak pedagang yang berjualan jajanan tradisional serta produk lainnya. Harusnya ke depan itu dibuat sentra khusus agar kegiatan jual dan beli produk UMKM ter fokus, dan itu kami rencanakan di Taman Mandara," kata Edison.

Jika terpilih, pasangan yang di usung Partai PPP dan Gerindra mengatakan pemerintah akan memberikan pendampingan dan pelatihan intensif kepada para pelaku UKM. Tak hanya itu, bantuan pemasaran yang masif akan dilakukan. (Kentung)

-