REPORTASE BANGKA

Pemkab Bangka Peringati HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar

26 April
19:34 WIB 2018

Sungailiat - Tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyrakat dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang diharapkan dapat leih menjunjung tinggi tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Plt. Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah saat mebacakan sambutan metereri dalam negeri pada peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-56, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-99, di halaman kantor Bupati Bangka Senin (23/04/18) tadi.

Dikatakan Rustamsyah, peringatan hari jadiSatpol PP, Linmas dan Damkar Tahun 2018 ini menjadi sangat istimewa karena kebersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak di 171 darah yang meliputi 17 Propinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten.

“Oleh karena itu kita semua untuk melakukan upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP, Linmas dan Damkar sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018 di kabupaten Bangka ini”ungkap Rustamsyah.

Menurutnya, teradap relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Perda dan Perkada serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta Satlinmas dan Damkar yang mempunyai tugas pokok, fungsi, dan peran yang juga sangat penting.

“Satlinmas bertugas membantu menjaga ketertiban dan ketertibanumum penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada, begitu juga Damkar juga memiliki keawajiban yang sama, mengahdirkan perlindungan, mewujudkan suasana teduh dalam masyrakat, serta tetap siaga melindungi dan mengamankan objek vital pemerintahan dan masyrakat”jelas Rustamsyah.

Ditambahkan Rustamsyah, terdapat beberapa faktor penting yang harus benar-benar diperhatikan dalam rangka mengoptomalisasikan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyrakat serta perlindungan dalam mengawal Pilkada.

“Pelaksanaan koordinasi, integrasi dan singkronisasi , baik secara vertikal maupun horizontal dengan instansi terkait seperti KPUS, Bawaslu, TNI dan POLRI, serta badan Kesbangpol, yang didasarkan atas hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati”kata Rustamsyah.

Lebih lanjiut, Plt Bupati Bangka mengatakan, faktor lain yang perlu dikembangkan adalah komunikasi dengan seluruh jajaran satkeholder termasuk para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“ Yang tidak kalah penting adalah menyampaikan laporan secara tertulis setiap perkembangan situasi dan kondisi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyrakat”tutup Plt. Bupati Bangka Drs. Rustamsyah.

Susai melaksanakan apel bersama, Plt. Bupati Bangka Drs. Rustamsyah memberikan SK kenaikan pangkat kepada 342 PNS yang ada di Kecamatan Sungailiat. kegiatan ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng Oleh Plt. Bupati dan penamplan keterampilan dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka.

Tags :

-


Berita Terkait
 

Mobil Damkar Kota Pangkalpinang Seruduk Rumah Warga

REPORTASE, Pangkalpinang - Diduga Rem blong sebuah Mobil Pemadam Kebakaran milik Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang, mengalami kecelakaan Kamis Pagi (23/2/2017) di Jalan Sahabat, depan Taman Mandara, Pangkalpinang.Pantauan reportasebangka.com...

Baca Selengkapnya