REPORTASE BANGKA

Ribuan Peserta Kemah Persaudaraan Ikuti Kegiatan Kesakaan

30 April
08:29 WIB 2018

Pangkalpinang - Para peserta Perkemahan Persaudaraan mengikuti kegiatan kesakaan. Ribuan peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok rotasi dan berpencar mengikuti kegiatan saka yang sudah disiapkan baik dari Saka Bahari, Bhayangkara, Wanabakti, Dirgantara, Kalpataru, Pariwisata, Wirakartika, Widya Budaya Bakti, Taruna Bumi, Bakti Husada, Kencana hingga terakhir yang baru dikonfirmasi adalah Bina Sosial.

Pada kegiatan Saka Bahari, para peserta berlayar menggunakan KAL Manau, KAP Belinyu dan Speedboat Combat Kopaska. Kegiatan in berlangsung di Dermaga TNI AL Pangkalbalam. Untuk Saka Bhayangkara, peserta melakukan kunjungan ke Mapolda Babel, Mako Brimob, Dermaga Dit Pol Air dan Basarnas dengan beragam materi yang diterima.

Pada kegiatan Saka Wanabakti, peserta mendapatkan materi kompas, pengenalan jenis-jenis kayu, hasil hutan non kayu dan kompos cetakan. Kegiatan ini dilangsungkan di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balunijuk. Sementara untuk Saka Dirgantara, peserta melaksanakan kunjungan ke NAM Flying School dengan materi pengenalan dasar pesawat, simulator flight, pengenalan apron bandara dan pengenalan sistem bandara.

Untuk Saka Kalpataru, mereka mensosialisasikan saka tersebut yang memang baru berdiri kepada peserta. Selain itu, mereka juga megenalkan bank sampah yang mana kegiatannya dilaksanakan di perkemahan. Sedangkan Saka Pariwisata, peserta dibawa ke Museum Timah Indonesia dan mendapatkan materi soal pesona sapta pariwisata Pangkalpinang, sejarah museum dan mobil pownis, serta berkeliling kota (city tour) dengan mobil bersejarah tersebut sambil mendapatkan materi tour guide.

Saka Wirakartika, mereka mengajak peserta ke Kompi Senapan B Sungailiat. Disana, peserta dikenalkan dengan tupoksi kompi senapan dan persenjataannya. Sedangkan untuk Saka Widya Budaya Bakti, peserta diberikan sosialisasi kesakaan dan berkunjung ke museum cual.

Saka Taruna Bumi pun tak kalah seru dengan mengajak para peserta belajar membudidaya lele dan lada. Bahkan, lele yang sudah dibawa ke perkemahan tersebut dimasak dan dihidangkan kepada para petinggi saka. Lalu, Saka Bakti Husada yang mengenalkan penyakit malaria, DBD dan imunisasi serta cara pencegahannya kepada para peserta. Kegiatan ini juga dilaksanakan di Bumi Perkemahan.

Ada juga Saka Kencana yang memberikan materi sakanya dan tugas serta fungsi BKKBN. Lalu terakhir, ada Saka Bina Sosial yang melakukan sosialisasi terhadap sakanya yang baru. Keduanya melaksanakan kegiatan di Bumi Perkemahan.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kwarda Babel), Melati Erzaldi antusias dengan materi kesakaan ini, para peserta akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Apalagi, materi ini dititikberatkan pada keterampilan hidup (life skill) yang sangat berguna bagi mereka di masa yang akan datang.

"Kegiatan kesakaan ini juga sebagai upaya menarik minat dan bakat peserta perkemahan. Kita harapkan, mereka bisa mendapat arah yang jelas, ilmu seperti apa yang bisa mereka dalami dan bisa dimanfaatkan untuk ke depan nantinya. Lewat materi kesakaan ini, Gerakan Pramuka menawarkan beragam materi keterampilan hidup agar pramuka bisa mandiri dan berwawasan luas," kata Melati. (***)

-





Berita Terkait