REPORTASE BANGKA

Bangka Raih Penghargaan Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Dua

Penghargaan Prestasi Pemkab Bangka Penghargaan Prestasi Pemkab Bangka
04 Mei
02:53 WIB 2018

Sungailiat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka kembali merengkuh prestasi dengan meraih Penghargaan prestasi kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Dua dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Bangka Tahun 2016.

Piagam Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah pada acara Malam Apresiasi kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka peringatan Hari Otonomi daerah ke-22 di Jakarta, Rabu (25/4/2018) yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. Sumarsono, MDM dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo.

Kabupaten Bangka di tingkat nasional berada pada peringkat 62 dari 397 Kabupaten se Indonesia dengan capaian skor 3.2760 yang dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 100 – 53 Tahun 2018 tentang Peringkat dan Status kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional.

Dijelaskan dalam surat keputusan tersebut, peringkat dan status kinerja sangat tinggi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota dikelompokkan dalam lima kategori tingkat pencapaian kinerja dan diberikan atribut bintang, mulai dari bintang satu sampai dengan bintang lima yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan dan kualitas capaian kinerja antar Pemerintah Daerah saat ini dalam kelompok sangat tinggi dan target peningkatan kinerja maksimal yang akan dicapai pada waktu yang akan datang.

Plt. Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah mengatakan, pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama berbagai pihak antara lain seluruh tim Penyusun LPPD Kabupaten Bangka Tahun 2016 dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Bangka, Kecamatan hingga Kelurahan pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka dalam menginventarisasi, menyiapkan dan menyajikan data pendukung LPPD Kabupaten Bangka Tahun 2016.

‘’Dengan capaian ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh OPD agar dapat meningkatkan kinerja masing-masing yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan capaian hasil dalam tiap-tiap Indikator Kinerja Kunci yang menjadi substansi dalam LPPD Pemerintah Kabupaten Bangka di tahun-tahun mendatang,’’jelas Plt. Bupati Bangka.

-