REPORTASE BANGKA

2018 Seluruh Desa Miliki Bumdes Pemkab Bangka Targetkan Bumdes

09 Mei
04:45 WIB 2018

Sungailiat - Direktur Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) dan Kepala Desa se Kabupaten Bangka mengikuti rapat koordinasi yang diselenggarakan Dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka, yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa melalui Bumdes.

Rakor berlangsung Sabtu (7/4/18) di ruang Bangka Bermartabat, Kantor Bupati Bangka yang dibuka Sekda Bangka Akhmad Mukhsin.

Kepala dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka Drs. Arman Agus menjelaskan, dari 62 desa, masih tersisa 14 desa yang belum memiliki Bumdes. Ditargetkan Agustus 2018 seluruh desa di kabupaten Bangka sudah terbentuk Bumdes

“ Saat ini terdapat 48 Bumdes di kabupaten Bangka, yang bergerak diberbagai bidang usaha,” jelas Arman.

Menurutnya, pemberdayaan kembali Bumdes dengan menghidupkan usaha - usaha yang ada di desa melalui dapat meningkatkan perekonomian desa.

“ Bumdes diharapkan dapat menghidupkan kegiatan perekonomian masyarakt yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi masyaraat desa,” ujarnya.

Dikatakannya, Tahun 2018 ini Gubernur kepulauan Bangka Belitung akan memberikan Rp 100 juta bagi setiap desa guna mengembangkan Bumdes, semoga melalui bantuan yang nanti diterima Bumdes dapat lebih menggerakkan kegiatan usaha. Selain itu desa Karya Makmur sebagai desa mandiri juga mendapatkan bantuan Rp 100 juta dari Pemprov Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu Sekda Bangka Akhmad Mukhsin mengatakan, sudah menjadi komitmen Pemkab Bangka dalam tahun 2018 ini seluruh desa di kabupaten Bangka sudah terbentuk Bumdes.

“ Masih tersisa 14 desa yang belum memiliki Bumdes di kabupaten Bangka semoga tahun 2018 ini bisa terbentuk,” katanya.

Diharapkannya kepada Pemerintah Desa di kabupaten Bangka yang belum memiliki Bumdes untuk segera bermusyawarah sehingga segera terbentuk Bumdes.

Dijelaskannya, keberdaan Bumdes akan besar manfaatnya bagi desa, mengingat disetiap desa memiliki potensi besar untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

“ Kita tunggu paling lama Agustus 2018, 14 desa yang belum memiliki Bumdes untuk dapat merealisasikan terbentuknya Bumdes,” ujarnya.

Rakor Bumdes se Kabupaten Bangka juga menghadirkan motivator dari kalangan pengusaha serta dari Biro Perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Beliung.

-





Berita Terkait
Lainnya di Reportase Babel
 

Desa Pelangas Kerjasama Pemanfaatan Hutan

REPORTASE, Muntok - Desa Pelangas Kecamatan Simpang Teritip melakukan louncing kerjasama pemanfaatan hutan dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Model Rambat Menduyung (unit I) Provinsi Babel, di halaman balai desa...

Baca Selengkapnya