REPORTASE BANGKA

Rustamsyah Buka Rakor Kades, BPD, Lurah dan Camat se Kabupaten Bangka

18 Mei
04:23 WIB 2018

Sungailiat - Plt. Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah, pada Selasa (15/05/2018) membuka secara resmi kegiatan Rakor Kepala Desa, BPD, Lurah dan Camat se Kabupaten Bangka, di Hotel ST 12.

Pada kesempatan ini, Drs. Rustamsyah menejelaskan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

“Semua itu dapat dilakukan dengan cara penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan,” jelas Rustamsyah.

Menurutnya, perencanaan pembangunan desa diselenggarakan dengan mengikutsertakan masyarakat desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa.

“Musyawarah perencanaan pembangunan desa menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan pembangunan desa yang didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja desa, swadaya masyarakat desa, dan anggaran pendapatan dan belanja daerah berdasarkan kebutuhan masyarakat desa,” ungkapnya.

Ditambahkan Plt. Bupati Bangka, pembangunan desa dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa dengan semangat gotong royong serta memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam desa.

“Pelaksanaan program sektor yang masuk ke desa harus diinformasikan kepada pemerintah desa dan diintegrasikan dengan rencana pembangunan desa. Karea masyrakat desa berhak mendapatkan informasi dan pemantauan terhadap rencana dan pelaksanaan pembangunan desa,” kata Rustamsyah.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pembangunan kawasan perdesaan merupakan perpaduan pembangunan antar desa dalam satu kabupaten/kota sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, prmbangunan dan pemberdayaan masyrakat desa.

“Sejalan dengan tuntutan dan dinamika pembangunan bangsa, perlu dilakukan pembanghunan perdesaan, melalui pendekatan pembangunan partisipatif. Sehingga rancangan pembangunan kawasan perdesaan dibahas bersama oleh Pemerintah Daerah Kabupaten dan Pemerintah Desa”kata Drs. Rustamsyah.

Untuk itu dirinya berharap kegiatan Rakor ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, dan kepada seluruh peserta dapat mengikuti rakor ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memerikan hasil dan manfaat bagi pembangunan Kabupaten Bangka.

-







Berita Terkait
 

Kenali dan Hargai Adat Budaya Lewat Upacara Mandi Belimau

Sungailiat - Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk melestarikan, menggali dan mengapresiasi hasil karya tokoh-tokoh terdahulu sehingga dicontohkan kepada generasi muda agar mengenal, mencintai dan menghargai adat dan budaya daerah.Hal tersebut...

Baca Selengkapnya
Lainnya di Reportase Babel
 

Desa Pelangas Kerjasama Pemanfaatan Hutan

REPORTASE, Muntok - Desa Pelangas Kecamatan Simpang Teritip melakukan louncing kerjasama pemanfaatan hutan dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Model Rambat Menduyung (unit I) Provinsi Babel, di halaman balai desa...

Baca Selengkapnya